Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Perbedaan Seminar dan Webinar? Berikut Penjelasannya!

Perbedaan Seminar dan Webinar 


Apa Itu Seminar?

Seminar adalah bentuk kegiatan belajar dan diskusi yang membahas materi sehingga mendapatkan secercah ilmu yang bermanfaat di dalamnya. Dalam kegiatan seminar tersebut, seseorang dapat mengemukakan pendapat dan memberikan beberapa pertanyaan atau sanggahan-sanggahan.

Secara terminologi, seminar diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seorang ahli atau peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitian ilmiah kepada peserta seminar.

Menurut Webster’s Dictionary Of Unabridged, seminar adalah kelompok siswa yang dibimbing untuk melakukan studi atau studi terperinci.

Menurut Oxford Advanced Dictionary, seminar adalah cara belajar di sekolah atau perguruan tinggi, tempat anda mempelajari suatu masalah dan mendiskusikannya dengan seorang profesor atau pakar materi pelajaran.

Menurut Rusland Ahmadi, seminar adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses untuk menyelesaikan masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya dihasilkan dari penelitian atau literatur.

 

Apa Itu Webinar?

Webinar adalah suatu perkumpulan atau pertemuan untuk membahas materi-materi dan dilakukan secara online.

Menurut Tom Wayteg (2013), webinar adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada virtual seminar atau seminar online.

Menurut Cambridge Dictionary, webinar adalah suatu kesempatan ketika sekelompok orang menggunakan internet pada saat yang sama untuk belajar dan mendiskusikan sesuatu.

 

Apa Perbedaan Seminar dan Webinar?

Beberapa perbedaan seminar dan webinar diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Seminar dilaksanakan secara langsung atau melalui tatap muka di suatu tempat, sedangkan webinar menggunakan sistem internet. 

  2. Dilihat dari segi biaya operasional, seminar membutuhkan biaya yang cukup signifikan, sedangkan webinar tidak membutuhkan biaya yang banyak bahkan gratis karena dilakukan secara online.

  3. Seminar tidak membutuhkan peralatan, cukup dengan alat tulis seperti buku dan pulpen. Sedangkan webinar banyak yang perlu dipersiapkan seperti laptop dan jaringan internet yang memadai.

  4. Dilihat dari segi fleksibilitas dan akses, peserta seminar diwajibkan datang langsung ke tempat yang sudah di sediakan oleh panitia seminar. Sedangkan webinar memiliki akses yang luas ke seluruh penjuru. 

  5. Kegiatan seminar membutuhkan waktu yang cukup lama karena dilakukan secara tatap muka, sedangkan webinar lebih fleksibel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

  6. Penyajian materi dalam kegiatan seminar biasanya di berikan soft copy oleh panitia, sedangkan webinar penyajian materi ditampilkan melalui video atau slide.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan seminar dan webinar, semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung di blog rikaariyani.com

Baca juga artikel lainnya:

*Artikel ini ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi).

Post a Comment for "Apa Perbedaan Seminar dan Webinar? Berikut Penjelasannya!"