Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru- Guru merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Guru adalah ujung tombak yang sangat menentukan kualitas Pendidikan. Oleh karena itu, guru harus memiliki kinerja yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas Pendidikan siswanya.

 



Pengertian Kinerja Guru

Kinerja merupakan terjemahan dari performance yang artinya adalah pekerjaan atau perbuatan. Menurut Departemen Pendidikan Nasional tahun 2004 yang dikutip oleh Susanto (2015: 28), kinerja diartikan sebagai gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan, program atau kebijaksanaan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi, dan visi organisasi.

Menurut Westra, dkk, kinerja merupakan suatu proses untuk mencapai hasil kerja. Sedangkan mulyasa (2013: 88) mengemukakan bahwa kinerja adalah unjuk kerja seseorang yang ditunjukkan dalam penampilan, perbuatan, dan prestasi kerjanya.

Menurut Wibowo (2012: 7), kinerja adalah melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Bintoro dan Daryanto (2017: 105), mengungkapkan bahwa kinerja adalah kesediaan seseorang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tanggung jawabnya.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kinerja adalah prestasi kerja yang telah dicapai oleh seseorang. Kinerja atau prestasi kerja merupakan hasil akhir dari suatu aktifitas yang telah dilakukan seseorang untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Kinerja Guru

Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya (Darmadi, 2018: 34). Kinerja dikatakan baik jika tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Menurut Barnawi dan Mohammad Arifin (2017: 14), kinerja guru adalah tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas dan Pendidikan sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya untuk mencapai tujuan Pendidikan. Kinerja guru dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing guru.

Erjati (2017: 24) mengungkapkan bahwa kinerja guru adalah seluruh aktivitas yang dilakukan guru, dimulai dari mendidik, mengajar, membimbing, dan mengarahkan peserta didi dalam mencapai tingkat kematangannya.

Berkaitan dengan kinerja guru, Leo Anglin (1982: 4) berpendapat “Your success will depend upon your flexibility and your ability to view teaching as an everchanging process that reflects the society in which it occurs”. Maksudnya adalah kesuksesan kinerja guru tergantung pada keluwesan dan kecerdikan pandangan dalam mengajar sebagaimana terjadinya proses perpindahan yang terjadi dalam masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa kinerja guru adalah prestasi kerja yang dilakukan oleh guru berdasarkan kemampuannya dalam mengelola kegiatan pembelajaran, yang dimulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi, dan membina hubungan dengan siswanya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru

Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Internal

Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam menjalankan pekerjaannya, antara lain; motivasi dan minat, bakat, watak, sifat, usia, jenis kelamin, Pendidikan dan pengalaman.

2. Faktor Eksternal

faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi kinerjanya, antara lain: lingkungan fisik, sarana dan prasarana, imbalan, suasana, kebijakan dan sistem administrasi.



Post a Comment for "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru"