Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-langkah Peningkatan Kualitas Menurut Joseph Juran


Profil Joseph Juran

Joseph Juran lahir di Braila Rumania pada tahun 1904. Orangtuanya pindah ke Amerika Serikat pada saat Juran berusia 8 tahun. Juran mengambil jurusan Teknik elektro di University of Minnesota. Setelah lulus, Western Electric Company menempatkannya untuk bekerja pada metode matematika untuk pengendalian mutu.

Joseph Juran adalah seorang pelopor revolusi mutu di Jepang. Dia adalah penulis dan editor sejumlah buku diantaranya, Juran’s Quality Control Handbook, Juran on Planning for Quality, dan Juran on Leadership for Quality. 

Juran terkenal dengan ide “kesesuaian dengan tujuan dan manfaat”. Ide ini menunjukkan bahwa produk atau jasa yang sudah dihasilkan mungkin sudah memenuhi spesifikasinya, namun belum tentu sesuai dengan tujuannya.

Juran juga merupakan seorang guru manajemen pertama dalam menghadapi isu-isu manajemen mutu yang lebih luas. Dia meyakini bahwa kebanyakan masalah mutu dapat dikembalikan pada masalah keputusan manajemen. Menurutnya, 85 persen masalah merupakan tanggungjawab manajemen, karena mereka memiliki 85 persen kontrol terhadap sistem organisasi.

Juran telah mengembangkan sebuah pendekatan yang disebut Manajemen Mutu Strategis (SQM) untuk membantu manajer dalam merencanakan. SQM adalah sebuah proses tiga-bagian yang didasarkan pada staf pada tingkat berbeda yang memberi kontribusi unik terhadap peningkatan mutu.

Menurut Joseph Juran, mutu ialah kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Kecocokan pengguna produk tersebut didasarkan atas lima ciri utama yaitu (1) teknologi; yaitu kekuatan; (2) psikologis, yaitu rasa atau status; (3) waktu, yaitu kehandalan; (4) kontraktual, yaitu ada jaminan; (5) etika, yaitu sopan santun.

Artikel “The Original Quality Gurus” mengungkapkan bahwa pemikian Juran yang terkenal adalah trilogi kualitas yang terdiri dari perencanaan kualitas, peningkatan kualitas, dan pengendalian kualitas. 

Trilogi ini mengatakan bahwa manajemen kualitas yang baik terdiri tiga hal tersebut. Dalam perencanaan kualitas dilakukan identifikasi pelanggan dan kebutuhannya, penerjemahan kebutuhan pelanggan ke dalam bahasa teknis, pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan optimalisasi fitur produk yang memenuhi kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Pengembangan proses yang mampu menghasilkan produk dan optimalisasi proses tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas. Untuk mengendalikan kualitas, perusahaan harus memastikan bahwa proses yang telah dikembangkan dapat menghasilkan produk dalam kondisi operasi dengan inspeksi yang minimal.

Dimensi Mutu Menurut Juran

Adapun lima dimensi mutu menurut Juran adalah sebagai berikut:

  1. Rancangan (design) sebagai spesifikasi produk. 
  2. Kesesuaian (conformance), yakni kesesuaian antara maksud desain dengan penyampaian produk aktual. 
  3. Ketersediaan (availability), mencakup aspek dapat dipercaya dan tersedia bagi konsumen untuk digunakan. 
  4. Keamanan (safety), aman dan tidak membahayakan konsumen. 
  5. Guna praktis (field use), kegunaan praktis yang dapat dimanfaatkan pada penggunaannya oleh konsumen.

Pemikiran Juran lainnya adalah ia percaya bawah kualitas berhubungan dengan kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan terhadap produk. Ia menekankan perlunya peningkatan kualitas berkelanjutan melalui perbaikan pada hal-hal yang kecil, yang dilakukan di seluruh organisasi. 

Langkah Peningkatan Kualitas Menurut Juran

Menurut Juran, terdapat sepuluh langkah untuk peningkatan kualitas, yaitu:

  1. Membangun kesadaran akan kebutuhan dan peluang perbaikan. 
  2. Menetapkan tujuan perbaikan 
  3. Mengorganisir untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 
  4. Memberikan pelatihan 
  5. Melaksanakan proyek-proyek yang ditujukan untuk memecahkan masalah. 
  6. Melaporkan kemajuan 
  7. Memberikan pengakuan/penghargaan 
  8. Mengkomunikasikan hasil 
  9. Mencatat skor/nilai 
  10. Memelihara momentum dengan melakukan perbaikan dalam sistem reguler perusahaan.

Demikian pembahasan singkat mengenai langkah-langkah peningkatan kualitas, semoga bermanfaat.

Baca juga: Prinsip Mutu Deming

Post a Comment for "Langkah-langkah Peningkatan Kualitas Menurut Joseph Juran"