Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima

Rikaariyani.com- Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima- Wisuda dan menjadi sarjana adalah impian semua mahasiswa. Tak terkecuali kamu tentunya. Namun untuk mencapai itu semua, kamu perlu melewati beberapa tantangan yang tidak mudah. Diawali dari pengajuan judul skripsi hingga duduk di kursi panas sidang skripsi. 

Berbagai cobaan akan kamu temui, bahkan ada beberapa mahasiswa yang mengalami penolakan judul berkali-kali. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya agar judul skripsi cepat diterima oleh dosen pembimbing.

Di dalam artikel kali ini, penulis akan menjelaskan beberapa tips atau cara membuat judul skripsi agar cepat diterima. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini:

Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima



Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima
pixabay

 

Pengertian Skripsi

Skripsi yaitu karya ilmiah yang harus ditulis oleh mahasiswa program S1 untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Skripsi ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan maupun kepustakaan sesuai denngan bidang studi yang diambil.

Skripsi dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yakni skripsi yang ditulis berdasarkan hasil kajian Pustaka, skripsi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, dan skripsi yang ditulis berdasarkan hasil pengembangan.

Baca Juga: Peran Dosen Pembimbing Skripsi

Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima

Cara membuat judul skripsi agar cepat diterima oleh dosen pembimbing adalah sebagai berikut:

1. Jangan Mengangkat Judul Skripsi Yang Terlalu Biasa

Dosen menyukai mahasiswa yang peka terhadap fenomena-fenomena terbaru. Cari tema-tema yang sedang hot atau up to date. Jangan ajukan tema-tema yang sudah sering kali diteliti oleh peneliti lain.  

2. Carilah Tema-Tema Yang Menarik

Ya, betul, semua permasalahan bisa kamu teliti. Namun, tidak semua permasalahan di lapangan menarik untuk kamu teliti.

3. Harus Jelas Siapa Yang Akan Diteliti

Sebelum mengajukan judul pada dosen pembimbing, kamu harus tahu siapa objek utama dalam penelitian kamu. Banyak dari mahasiswa, ketika ditanya siapa objek dan subjek penelitian, mereka bingung menjawabnya. Ini akan mempengaruhi keputusan dosen pembimbing untuk menerima judul yang kamu ajukan. 

4. Harus Jelas Di Mana Lokasi Yang Akan Kamu Teliti

Sebelum mengajukan judul, setidaknya kamu sudah pernah ke lokasi yang akan kamu pilih menjadi lokasi penelitian kamu. Jangan asal tebak tanpa datang terlebih dahulu ke lokasi. Usahakan juga kamu punya kenalan di lokasi tersebut agar nanti kamu lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

5. Judul Yang Diangkat Harus Berangkat Dari Permasalahan Yang Ditemui Di Lapangan

Ini penting untuk kamu perhatikan. Jangan coba-coba memilih judul tanpa tahu permasalahan di lapangan. Sering ditemukan proposal skripsi mahasiswa yang tidak jelas focus permasalahannya. Saat ditanya oleh dosen pembimbing, apa permasalahan dari judul kamu? Kamu jadi bingung sendiri dan gelagapan. Bahkan juga pernah ditemui, judul skripsi dan permasalahan yang diungkapkan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Akhirnya apa? Ya pastinya kamu harus mengubah lagi judul kamu.

Makanya setiap kali ingin mengajukan judul, pastikan kamu sudah ke lokasi penelitian dan sudah tahu apa masalah-masalah yang kamu temui di lapangan.

Contoh Judul Skrpsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Di bawah ini ada beberapa contoh judul skripsi jurusan Manajemen Pendidikan Islam, yakni:

  1. Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi.

  2. Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa di IAI Nusantara.

  3. Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Muara Jambi.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara membuat judul skripsi agar cepat diterima. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

Baca Juga: Tips Agar Skripsi Kamu Selesai Tepat Waktu

Salam,






Post a Comment for "Cara Membuat Judul Skripsi Agar Cepat Diterima"