Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mereview Buku Beserta Contoh Lengkap

Rikaariyani.com- Cara Mereview Buku Beserta Contoh Lengkap- Sebagai seorang mahasiswa mungkin anda pernah mendapatkan tugas dari dosen untuk mereview salah satu buku. Kegiatan mereview bisa dibilang salah satu kegiatan yang mengasyikkan, mengapa? Dengan mereview buku, sebagai pembaca kita menjadi lebih paham dengan apa yang disampaikan oleh penulisnya, kita bisa mengetahui inti dari buku tersebut, termasuk juga kelebihan dan kekurangan dari buku yang kita review.

Bagaimana cara mereview buku yang benar? Dan seperti apa contohnya? Simak penjelasan berikut ini:

Cara Mereview Buku Beserta Contoh Lengkap

Cara Mereview Buku Beserta Contoh Lengkap
 

Apa Pengertian Review Buku?

Review berasal dari dari Bahasa inggris yaitu ulasan. Review juga dapat diartikan sebagai tinjauan atau meninjau. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, review diartikan sebagai tanggapan dan tafsiran.

Sedangkan review buku adalah melakukan peninjauan terhadap sebuah buku disertai dengan penilaian, kritikan, dan melakukan pembandingan dengan buku lain.

Singkatnya, review buku adalah penilaian terhadap sebuah buku.

Baca juga: Cara menulis buku yang efektif

Apa Manfaat Review Buku?

Review buku bermanfaat untuk:

1. Memberikan Informasi Terkait Dengan Buku Yang Direview Tersebut

Review buku dapat memberikan informasi bagi pembaca, apalagi yang direview tersebut merupakan buku yang baru terbit.

2. Sebagai Bahan Perbandingan Sebuah Karya

Dalam mereview sebuah buku, reviewer dapat membandingkan dengan buku lain yang sejenis sehingga dapat menambah wawasan bagi pembaca.

3. Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menulis

Setelah melihat review buku, seorang penulis akan mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Dari sinilah seorang penulis dapat belajar untuk menciptakan sebuah karya yang berkualitas.

4. Memberikan Keyakinan Kepada Calon Pembeli Buku

Sebelum membeli sebuah buku, pada umumnya pembaca melihat terlebih dahulu bagaimana review dari pembaca lain yang sudah membaca buku tersebut.

5. Membantu Pemasaran Buku Tersebut

Karena semakin banyak ulasan tentang buku tersebut maka akan semakin banyak yang tertarik untuk mendapatkannya. Apalagi jika penilaiannya bersifat positif.


Bagaimana Cara Mereview Buku?

Mereview sebuah tidaklah sulit, yang penting adalah kita paham terhadap isi dari buku tersebut sehingga kita dapat menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Untuk mereview buku ada beberapa cara yang bisa diperhatikan, yakni sebagai berikut:

1. Tulis Identitas Buku Yang Direview

Identitas buku terdiri dari nama penulis, tahun terbit, penerbit, jumlah halaman, nomor ISBN, harga buku, dan profil penulis.

2. Baca Sinopsis Buku Tersebut

Untuk mereview buku, kamu bisa memulainya dengan membaca synopsis buku tersebut agar kamu dapat memiliki gambaran terhadap buku tersebut.

3. Tulis Ringkasan Buku Tersebut

Jangan mengulas buku secara rinci, cukup tulis ringkasan atau gambaran umum saja.

4. Tulis Bagian Yang Kamu Anggap Penting

Dalam mereview sebuah buku, kamu harus jeli menemukan bagian penting dari buku tersebut. Kamu juga perlu mengungkapkan apa kelebihan dan kelemahan buku tersebut.

5. Memberikan Penilaian Terhadap Buku

Seorang reviewer harus mampu memberikan penilaian terhadap buku tersebut. Tidak perlu sungkan memberikan penilaian apakah buku itu bagus atau sebaliknya, karena sebuah penilaian adalah pendapat.

6. Melakukan Pembandingan

Dalam memberikan penilaian terhadap buku yang sedang kamu review, sebaiknya lakukan perbandingan dengan buku lain yang sejenis.

7. Membuat Kesimpulan

Ini merupakan kegiatan terakhir dalam mereview sebuah buku. Buatlah kesimpulan yang singkat dan jelas.

Bagaimana Contoh Review Buku?

Berikut ini adalah contoh review buku karya Prof. Sugiyono dan buku karya Deni Darmawan dengan judul metode penelitian kuantitatif.

  1. Review Buku Metodologi Penelitian Karya Prof. Sugiyono 
  2. Review Buku Metode Penelitian Kuantitatif   

Demikian penjelasan mengenai cara mereview buku beserta contoh. Semoga bermanfaat dan selamat mereview.

Baca juga: Contoh Proposal penelitian Kuantitatif
 

Post a Comment for "Cara Mereview Buku Beserta Contoh Lengkap"