Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

REVIEW BUKU METODE PENELITIAN KARYA PROF SUGIYONO

REVIEW BUKU METODE PENELITIAN KARYA PROF SUGIYONO

  1. Judul Buku : Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D 
  2. Penulis: Prof. Dr. Sugiyono 
  3. Penerbit: Alfabeta Bandung 
  4. Tahun terbit: 2010

 

Pixabay

BAB 1 : PERSPEKTIF METODE PENELITIAN PENDIDIKAN

Pada bab ini dijelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan metode penelitian pendidikan. Diawali dengan pengertian, jenis-jenis, perbedaan kuantitatif dan kualitatif, serta kompetensi yang harus dimiliki oleh peneliti.

Metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berupa angka dan dianalisis secara statistik. Sedangkan metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan trianggulasi dalam pengumpulan data.

Ada pun jenis-jenis metode penelitian sebagai berikut:

  1. Dari segi bidang terdiri dari penelitian akademis, professional, dan institusional. 
  2. Dari segi tujuan terdiri dari penelitian murni dan penelitian terapan. 
  3. Dari segi metode terdiri dari eksperimen, naturalistik, penelitian tindakan, penelitian sejarah, dan juga penelitian R&D. 
  4. Dari segi waktu terdiri dari cross sectional dan longitudinal.


BAB 2 : PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN

Pada bab 2 dijelaskan mengenai beberapa poin penting dalam penelitian pendidikan, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, variabel penelitian, dan paradigma penelitian.

Pada penelitian kuantitatif, proses penelitian meliputi rumusan masalah, landasan teori, perumusan hipotesis, pengumpulan data, analisis data, dan kesimpulan.

Menurut sugiyono di dalam buku ini, rumusan masalah yaitu pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui pengumpulan data. Sedangkan paradigm penelitian yaitu pola pikir yang menunjukkan hubungan antara variabel yang akan diteliti.

BAB 3: LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

Teori yaitu sebuah konsep atau ide yang digunakan untuk menjelaskan fenomena. Kerangka berpikir yaitu konsep yang menghubungkan antara teori dengan masalah yang teridentifikasi. Sedangkan hipotesis yaitu dugaan sementara yang dinyatakan dalam kalimat yang jelas dan dapat diuji dengan data yang telah dikumpulkan.

BAB 4: METODE PENELITIAN EKSPERIMEN 

Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai metode penelitian eksperimen yang meliputi pengertian dan bentuk desain penelitian eksperimen.

Metode penelitian eksperimen yaitu metode yang digunakan untuk mencari pengaruh terhadap yang lain. Sedangkan bentuk desain metode eksperimen yaitu eksperimen yang belum sungguh-sungguh, eksperimen yang sungguh-sungguh, eksperimen yang memperhatikan kemungkinan adanya variabel yang mempengaruhi.

BAB 5: POPULASI DAN SAMPEL

Pada bab ini Prof. Sugiyono menjelaskan mengenai populasi dan sampel beserta jenis-jenisnya. Menurutnya populasi adalah wilayah generalisasi yang akan dipelajari dan disimpulkan oleh peneliti. Sedangkan sampel yaitu bagian dari karakteristik populasi. Teknik pengambilan sampel terdiri dari probability sampling dan nonprobability sampling.

BAB 6: SKALA PENGUKURAN DAN INSTRUMENT PENELITIAN 

Pada bab ini dijelaskan tentang macam-macam skala pengukuran dan instrument penelitian. Skala pengukuran terdiri dari:

  • Skala likert yaitu skala yang digunakan untuk mengukur sikap dan pendapat seseorang. Instrument yang digunakan dapat berupa checklist atau pilihan ganda. 
  • Skala guttam yaitu skala yang digunakan untuk mendapatkan jawaban ya atau tidak. 
  • Skala differensial yaitu skala yang digunakan untuk mengukur sikap tetapi tidak menggunakan checklist. 
  • Skala rating scale yaitu data berupa angka yang harus ditafsirkan melalui kualitatif.

Sedangkan instrument penelitian yaitu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena yang ada di lapangan.

BAB 7: TEKNIK PENGUMPULAN DATA 

Pada bab ini dijelaskan mengenai teknik-teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, angket, dan observase.

Wawancara digunakan untuk mengetahui hal-hal yang lebih mendalam dari responden. Wawancara dapat dilakukan secara terstruktur atau pun tidak. Kuesioner atau angket yaitu teknik pengumpulan data dengan menyiapkan beberapa pertanyaan secara tertulis. Sedangkan observase yaitu proses pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Dalam hal ini terdapat dua jenis observase yaitu observase participant dan nonparticipant. Observasi participant yaitu peneliti terlibat langsung dalam kegiatan yang sedang diamati. Sedangkan observasi nonpartisipan peneliti tidak terlibat namun hanya sebagai pengamat independen.

BAB 8: ANALISIS DATA
Pada bab ini dijelaskan mengenai analisis data. Untuk menganalisis data menggunakan statistic. Statistic terbagi atas 2 macam yaitu statistic deskriptif dan statistic inferensial.

Demikian, semoga bermanfaat.

Terimakasih,






Post a Comment for "REVIEW BUKU METODE PENELITIAN KARYA PROF SUGIYONO"