Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menggunakan Aplikasi Mendeley

Rikaariyani.com-Cara Gampang Menggunakan Aplikasi Mendeley- Setelah mengetahui apa itu mendeley? dan mengapa penting menggunakan aplikasi mendeley, kita juga harus tahu bagaimana menggunakan aplikasi mendeley. 

Pada artikel kali ini, penulis akan jelaskan bagaimana menggunakan aplikasi mendeley. simak penjelasannya berikut ini:

Cara Gampang Menggunakan Aplikasi Mendeley

Aplikasi Mendeley



CARA MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY?

Untuk menggunakan aplikasi mendeley, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama, kamu harus menginstal aplikasi mendeley terlebih dahulu. Silahkan buka google, lalu ketik "Mendeley" atau bisa juga dengan langsung memasukkan alamat webnya "https://mendeley.com/download-desktop/, lalu klik download. 

  2. Tunggu beberapa saat, proses download membutuhkan waktu beberapa menit.

  3. Setelah proses download selesai, kamu diarahkan untuk menginstal aplikasi mendeley. Cara menginstalnya sama seperti kita menginstal pada umumnya.   

  4. Setelah proses penginstalan selesai, maka aplikasi mendeley akan muncul di desktop laptop dan sudah bisa kita gunakan.  

  5. Untuk mulai menggunakan aplikasi mendeley, kamu perlu melakukan konfigurasi mendeley dan microsoft word. Caranya adalah: Buka aplikasi mendeley di desktop atau bisa melalui menu program, lalu klik menu tools, pilih instal MS word plugin. 

    Untuk melihat hasilnya apakah sudah terinstal di microsoft word atau belum, kamu bisa langsung buka program microsoft word lalu pilih reference. 

  6. Untuk mulai bekerja, buatlah folder pada aplikasi mendeley terlebih dahulu agar terpisah dari file lain. 

  7. Setelah folder selesai, selanjutnya kamu bisa menambahkan file referensi ke dalam folder tersebut. file dapat berupa ebook, jurnal, skripsi, dan lain-lain. Cara menambahkan file yaitu dengan meng-klik add files yang terletak pada pojok kiri paling atas, lalu pilih file yang akan ditambahkan. 

  8. Setelah sukses menambahkan file dalam folder, klik 2x file tersebut dan setting nama pengarang, judul, kota, penerbit, dan tahun terbit. 

  9. Untuk menyisipkan sitasi, klik menu references pilih insert citation. Untuk membuat daftar pustaka, klik references lalu pilih insert bibliography. 

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menggunakan aplikasi mendeley, semoga bermanfaat dan selamat menulis.

Baca Juga:  

Terimakasih...




Post a Comment for "Cara Gampang Menggunakan Aplikasi Mendeley"