Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER

Rikaariyani.com- SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER- Tahun 2014, hampir tiap hari saya berada di ruang laboratorium komputer. Saat itu saya dipercaya sebagai guru produktif multimedia di salah satu SMKN Kota Bungo. Meski sebenarnya saya bukan magister komputer ataupun sarjana komputer, tapi saya memiliki ketertarikan pada dunia IT. 

Dulu sekali, saat mondok di Bukitinggi, saya nekat mengikuti kelas privat komputer di lembaga kursus. Saya bahkan tak segan belajar otodidak atau mengunjungi rental-rental komputer dan warung-warung internet hanya untuk belajar. 

Alhasil, tidak hanya mengajar siswa SMK, saya pun pernah mengajar TIK di sebuah yayasan kota jambi. Dan saking cintanya pada dunia IT, penelitian tesis dan disertasi saya pun tak jauh-jauh dari dunia IT. 

Pada artikel ini, saya selaku pencinta dunia IT akan berbagi mengenai sarana dan prasarana yang harus ada di ruang laboratorium komputer. Saya berharap semoga artikel ini bermanfaat bagi kepala laboratorium, kepala sekolah, atau mahasiswa yang saat ini sedang melakukan penelitian mengenai laboratorium komputer. 

SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER

SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER

1. Perabot

Perabot terdiri dari kursi peserta didik, meja, kursi guru dan meja guru.

a. Kursi peserta didik

Kursi peserta didik yakni 1 buah/peserta didik. Kursi yang digunakan harus dalam kondisi yang kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Selain itu, desain tempat duduk dan sandaran harus mampu membuat peserta didik nyaman dalam belajar.

b. Meja peserta didik

Meja peserta didik berjumlah 1 buah/peserta didik. Meja harus dalam kondisi yang kuat, stabil, dan aman digunakan. Selain itu, ukuran meja harus dapat menampung 1 unit computer dengan dua kursi sehingga peserta didik dapat bekerja berdua. Jika CPU diletakkan di bawah meja, maka harus mempunyai dudukan minimum setinggi 15 cm.

Baca juga: Pendidikan Islam pada Masa Reformasi

c. Kursi guru

Kursi guru berjumlah 1 buah/guru dengan kondisi yang kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran kursi harus memadai dan mampu untuk duduk dengan nyaman.

d. Meja guru

Meja guru yakni 1 buah/guru dengan kondisi yang kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan. Ukuran meja yang digunakan harus memadai dan mendukung untuk bekerja dengan nyaman.

2. Peralatan Pendidikan

Peralatan Pendidikan terdiri dari:

a. Komputer

Komputer berjumlah 1 unit/praktikan atau per-peserta didik. Jika peserta didik berjumlah 30 orang, maka computer yang disediakan adalah 30 unit computer ditambah dengan 1 unit computer untuk guru.

b. Printer

Printer yang harus di ruangan laboratorium computer berjumlah 1 unit/ lab.

c. Scanner

Scanner minimal 1 unit/lab

d. Internet

Titik akses internet minimal 1 titik/lab berupa saluran telepon atau nirkabel.

e. LAN

LAN sesuai dengan banyak komputer dan dapat berfungsi dengan baik.

f. Stabilizer 

Stabilizer sesuai dengan banyak komputer. Setiap komputer terhubung dengan stabilizer.

g. Modul praktik

Modul praktik 1 set/komputer yang terdiri dari sistem operasi, pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah gambar.

3. Media Pendidikan

Media Pendidikan terdiri dari papan tulis 1 buah/lab dalam kondisi kuat, stabil, dan aman. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik dapat melihat tulisan pada papan tulis dengan jelas.

4. Perlengkapan lain

Perlengkapan lain berupa jam dinding 1 buah/lab dan tempat sampah 1 buah/lab

Demikian pembahasan mengenai sarana dan prasarana laboratorium komputer, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER "