Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

Rikaariyani.com- Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas- Waka Humas harus cerdas? Ya, tentu saja. Mengapa? Karena dialah ujung tombak keberhasilan sekolah dalam menjalankan tugas pembangunan.

Tulisan ini hadir karena kekecewaan saya terhadap wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat atau dikenal dengan Waka Humas di salah satu lokasi penelitian Disertasi saya. 

Buruknya pelayanan Waka Humas cukup menggelisahkan, karena akan memperburuk citra sekolah itu sendiri. Bagaimana pun juga, pencitraan sebuah institusi akan sangat bergantung kepada kinerja Humas di institusi yang bersangkutan.

Di dalam artikel ini, penulis uraikan apa saja peran wakil kepala sekolah bidang Humas. 

Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

WAKA Humas

 Apa Saja Peran Waka Humas? 

Menurut Zulkarnain Nasution, peran humas dalam lembaga pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Membina hubungan harmonis kepada publik internal  dan hubungan kepada publik eksternal. 
  2. Membina komunikasi dua arah kepada publik internal dan publik eksternal dengan menyebarkan pesan, informasi dan publikasi hasil penelitian dan berbagai kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan pimpinan. 
  3. Mengindentifikasi dan menganalisis suatu opini atau berbagai persoalan, baik yang ada di lembaga pendidikan maupun yang ada di masyarakat. 
  4. Mengidentifikasi dan menganalisis suatu opini atau berbagai persoalan, baik yang ada di lembaga pendidikan maupun yang ada di masyarakat. 
  5. Berkemampuan mendengar keinginan atau aspirasi-aspirasi yang terdapat di dalam masyarakat.

Mengapa Waka Humas Harus Cerdas?

Sebagaimana yang telah penulis singgung bahwa Waka humas merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan sekolah dalam menjalankan tugas pembangunan, khususnya dalam menyampaikan informasi dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa pakar mengatakan bahwa Humas itu adalah “Agent Of Change”. Dia membawa perubahan yang nyata di sebuah institusi. Oleh karena itu, Waka Humas haruslah cerdas, terutama kecerdasan sosial. Selain cerdas, Waka Humas harus multitalenta dan memiliki jiwa yang terbuka. 

Heru Budi Setyawan mengatakan peran humas pada sekolah sangat penting. Humas ibarat corong sekolah dan berperan sebagai juru bicara sekolah dengan tugas utamanya memperkenalkan semua program sekolah baik internal maupun eksternal. Hubungan masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk goodwill, membangun kepercayaan, saling pengertian dan untuk mendapatkan citra yang baik terhadap publik. Humas yang hebat akan melahirkan sekolah yang besar. 

Apa Saja Syarat Menjadi Waka Humas?

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Waka humas, yaitu:

  1. Kemampuan mengamati dan menganalisis persoalan
  2. Kemampuan menarik perhatian
  3. Kemampuan mempengaruhi pendapat
  4. Kemampuan menjalin hubungan dan suasana saling percaya. 

Kesimpulan

Dari paparan singkat di atas, dapat diketahui bahwa wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat mempunyai tugas yang cukup berat, selain harus memiliki kecerdasan sosial, ia pun harus multi talenta dan paham berkomunikasi. Waka Humas tidak hanya dituntut untuk mampu membina hubungan baik dengan para stakeholder sekolah tetapi juga harus mampu membina hubungan baik dengan masyarakat atau publik. 

Demikian artikel mengenai "Waka Hubungan Masyarat (HUMAS) Harus Cerdas, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Membangun budaya menulis dosen




Post a Comment for "Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas"