Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANFAAT MENERBITKAN BUKU BAGI DOSEN

Rikaariyani.com- MANFAAT MENERBITKAN BUKU BAGI DOSEN- Menjadi dosen semestinya tidak hanya fokus pada mengajar saja. Dosen harus aktif menulis dan menerbitkan karya-karya, baik dalam bentuk jurnal, maupun buku. Namun sayang, tidak semua dosen suka menulis, terlebih menulis buku. Padahal banyak sekali manfaat menulis dan menerbitkan buku bagi dosen. Baik dari segi pengembangan karir maupun dari segi ekonomi.

Lalu apa saja manfaat menerbitkan buku bagi dosen? Simak ulasan berikut ini:


MANFAAT MENERBITKAN BUKU BAGI DOSEN

MANFAAT MENERBITKAN BUKU BAGI DOSEN
pixabay

 

1. Menambah Angka Kredit

Bagi dosen yang menerbitkan buku akan mendapatkan angka kredit yang tinggi. Ini bermanfaat untuk melengkapi persyaratan kenaikan pangkat. Manfaat menerbitkan buku tidak hanya untuk dosen yang bersangkutan, tapi juga berguna bagi lembaga tempat ia bekerja untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Baca juga: Pengertian dan ciri-ciri buku ajar

2. Mendapatkan Royalti dan Pengakuan 

Buku yang terbit otomatis akan mendapatkan royalti dari penerbit, apalagi jika bukunya laris dan best seller tentu royaltinya akan berlipat ganda. Tidak hanya royalti dari penerbit, apabila buku yang ditulis menarik bagi pembaca dan masyarakat, penulis akan sering mendapatkan tawaran sebagai pemateri dalam seminar-seminar, lokakarya dan lain sebagainya. Menarik sekali bukan?

3. Mendapatkan Pengakuan

Selain royalti, penulis buku juga akan mendapatkan pengakuan. Mereka akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Bahkan bisa diundang ke luar negeri sebagai pembicara. Banyak sekali contoh-contoh penulis sukses yang diundang ke berbagai negara sebagai pembicara.

4. Menghilangkan Jenuh Dan Stress

Setiap dosen pasti pernah merasakan jenuh dengan berbagai aktifitas yang dijalani, atau mungkin stress dengan beban kerja yang bertubi-tubi. Cobalah menulis dan luapkan semuanya. Akan ada kenikmatan tersendiri yang kamu rasakan. Apalagi jika bukunya berhasil diterbitkan, kenikmatannya menjadi berlipat.

5. Pengembangan Karir

Semakin banyak buku yang diterbitkan, akan semakin memudahkan dosen mengurus kepangkatan dan jabatan. Apalagi jika menulis buku sesuai dengan keilmuannya.

6. Mengabadikan Keilmuan

Selain bermanfaat untuk pengembangan karir, menulis dan menerbitkan buku juga dapat mengabadikan keilmuan yang dimiliki oleh dosen sehingga bisa dibaca oleh generasi-generasi akan datang.

Dari beberapa manfaat di atas, akan sangat sayang sekali jika dosen tidak memulai untuk menulis buku dari sekarang. Tidak ada yang sulit, apalagi di era yang serba digital ini, referensi melimpah ruah, tersedia dalam bentuk cetak maupun online. Intinya adalah punya kemauan. 

Demikian artikel mengenai manfaat menerbitkan buku bagi dosen, semoga bermanfaat dan mari menulis. 

Baca juga: Cara mereview buku

Terimakasih,



1 comment for "MANFAAT MENERBITKAN BUKU BAGI DOSEN"