Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hobby Saya, Menulis!!!


Sejak kecil saya sangat suka membaca. Hingga waktu itu ayah memberi gelar baru untuk saya. “Kutu Buku”. Huaaa… masa dibilang kutu sih? Protes saya waktu itu, karena memang belum memahami makna kutu buku. Ayah terkekeh saja ketika saya protes.
Berawal dari hobby membaca, kelas 3 Tsanawiyah, saya tiba-tiba suka menulis. Saya ingat persis waktu itu mencuri-curi kesempatan menulis ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung di Sekolah.
Kelas 1 Aliyah, hobby menulis saya semakin meningkat, saya bahkan telah menyelesaikan beberapa cerpen dan cerbung dan meminta beberapa teman dekat untuk membacanya. Cerpen pertama saya “Rahasia Ummi”. Cerpen ini murni imajinasi saya. Dan orang pertama yang saya minta untuk membacanya adalah Nora, karena saya tahu Nora juga suka menulis.
Kelas 2 Aliyah, saya mulai mempublikasikan cerpen-cerpen saya di mading kelas. Saya ingin teman-teman di kelas membaca dan memberikan kritik. Tanpa saya duga sama sekali, guru bahasa arab yang mengajar di kelas pun ikut membaca. Saya senang luar biasa, terlebih ketika beliau menyatakan bahwa cerpen saya bagus dan mengaku penasaran dengan kelanjutannya.
 “Cerpennya bagus! Boleh saya minta kelanjutannya?”
Hmm… karenanya semangat menulis saya semakin membara. Ke mana-mana selalu membawa buku atau HVS kosong. Ya, saya sangat produktif waktu itu, meski saya akui tulisan-tulisan itu masih kacau, karena memang saya menulis tanpa teori, modal saya hanya membaca karya Asma Nadia, penulis favorite saya.
Saya tak pernah mengikuti pelatihan apa pun. Yang terus menyemangati saya adalah untuk bisa menulis kita hanya perlu rajin menulis, karena lama-lama di dalam otak akan terbentuk sistem menulis. Dan itulah yang saya pegang hingga hari ini.
Kelas 3 Aliyah, ketika jam istirahat, saya dikagetkan dengan sebuah wesel, wesel dari majalah tasbih. Saya senang luar biasa. Teman-teman juga ikut senang karena mereka tahu itulah honor pertama yang saya terima dari kegiatan menulis saya.
Di dalam hati saya berjanji untuk lebih produktif. Saya harus jadi penulis!

Post a Comment for "Hobby Saya, Menulis!!!"