Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Tidak Wajib Membuat Skripsi, Kemendikbudristek Pastikan Aturan Baru Ini Sudah Mulai Berlaku

Rikaariyani.com, Jambi- Mahasiswa Tidak Wajib Membuat Skripsi, Kemendikbudristek Pastikan Aturan Baru Ini Sudah Mulai Berlaku- Nadiem Anwar Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) baru-baru ini menyatakan bahwa untuk bisa lulus, mahasiswa S1 dan D4 tidak diwajibkan untuk membuat skripsi. 

 



Terobosan besar tersebut tertuang dalam peraturan permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 tentang penjaminan Mutu pendidikan Tinggi. Hal ini disampaikan langsung oleh Nadiem dalam Diskusi Merdeka Belajar episode ke-26 yang disiarkan di kanal Youtube Kemendikbud pada selasa (29/8/2023).

Kebijakan tersebut menurutnya adalah suatu bentuk transformasi radikal di perguruan tinggi. Kemendikbudristek memberikan kebebasan perguruan tinggi untuk memilih ada atau tidaknya tugas akhir atau skripsi bagi mahasiswa sarjana.

"Kami memberikan kepercayaan kepada ketua program studi, dekan, dan kepala departemen untuk menentukan ada tidaknya tugas akhir" Ujarnya pada peluncuran Merdeka Belajar ke-26 dan disiarkan secara daring.

"Di era saat sekarang ini, ada banyak cara untuk menunjukkan kemampuan atau kompetensi lulusan kita. Tugas akhir mahasiswa program sarjana dapat berupa prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya, bukan hanya skripsi tesis dan disertasi" Lanjutnya.

Nadiem juga menyatakan bahwa aturan baru ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar. Menurutnya, mengukur kompetensi seseorang tidak hanya lewat satu cara. Khusus mahasiswa vokasi, ia menilai kompotensi bisa diukur dari proyek dan implementasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Nizam, pelaksana Tugas Direktur Jenderal Diktiristek kemendikbudristek memastikan aturan baru ini sudah mulai berlaku dan dipedomani oleh semua perguruan tinggi.

"Permendikbudristek sudah terbit, jadi sudah bisa dipedomani," Ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/8/2023). 

Lihat juga:

Buku Akuntansi Lengkap

Buku Manajemen  

Manajemen Keuangan edisi revisi Sutrisno 

Manajemen dalam konteks indonesia 

Buku metodologi penelitian lengkap 

Buku metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D 

Buku penelitian hukum 

Metode penelitian kualitatif Sugiyono 

Seri buku metode penelitian terlengkap 


Post a Comment for " Mahasiswa Tidak Wajib Membuat Skripsi, Kemendikbudristek Pastikan Aturan Baru Ini Sudah Mulai Berlaku "