Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Defenisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Rikaariyani.com- Hasil belajar adalah tujuan akhir dari proses pembelajaran. Setiap orang yang belajar diharapkan akan mencapai hasil belajar yang memadai untuk menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa definisi hasil belajar menurut para ahli, selengkapnya simak penjelasannya di dalam artikel berikut ini:

 



Defenisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli

1. Bloom

Menurut Bloom (1956), hasil belajar adalah perubahan tingkah laku peserta didik yang dapat diobservasi dan diukur. Perubahan tingkah laku tersebut terdiri dari tiga domain, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

2. Gagne

Menurut Gagne (1977), hasil belajar adalah perubahan dalam pemahaman, keterampilan, dan sikap peserta didik sebagai hasil dari pengalaman belajar. Perubahan tersebut dapat terjadi pada tiga domain, yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.

3. Tyler 

Menurut Tyler (1949), hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada peserta didik dalam bentuk perilaku yang dapat diobservasi dan diukur setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran.

4. Suharsimi Arikunto 

Menurut Suharsimi Arikunto (2009), hasil belajar adalah perubahan perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. Hasil belajar mencakup tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

5. Jean Piaget

Menurut Piaget (1973), hasil belajar adalah proses konstruksi pengetahuan oleh peserta didik melalui interaksi dengan lingkungan. Peserta didik akan membangun struktur mental mereka sendiri dan memperluas pengetahuan mereka melalui interaksi dengan lingkungan.

6. John Dewey

Menurut Dewey (1916), hasil belajar adalah kemampuan peserta didik untuk menghubungkan pengalaman mereka dengan konsep-konsep baru dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

5. John A. Hannah

Menurut John A. Hannah, hasil belajar adalah perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, atau sikap sebagai hasil dari pengalaman belajar.

6. George J. Posner

Menurut George J. Posner, hasil belajar adalah kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang sulit yang sebelumnya tidak dapat dilakukan.

7. Robert Glaser

Menurut Robert Glaser, hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada potensi individu sebagai hasil dari pengalaman belajar.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada setiap individu, baik perubahan pada pengetahuan, keterampilan, atau sikap sebagai hasil dari pengalaman belajar. Perubahan ini dapat diamati dalam perilaku, pikiran, emosi, atau potensi individu.

Referensi 

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives, handbook I: The cognitive domain. New York: David McKay.

Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press.

Gagne, R. M. (1977). The conditions of learning (3rd ed.). New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. New York: Grossman. 

Dewey, J. (1916). Democracy and education. New York: Macmillan.

Post a Comment for "Defenisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli"