Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Materi TKP CPNS 2023 Beserta Jawaban

Rikaariyani.com- Contoh Soal Materi TKP CPNS 2023 Beserta Jawaban- Berikut ada beberapa contoh soal TKP CPNS yang bisa Anda pelajari. Semoga bermanfaat.

 



1. Diaz san Rizki mendapatkan tugas bersama dari atasan untuk menyelesaikan rancangan pengembangan program kerja baru. Tugas tersebut harus diserahkan kepada atasan paling lambat dua hari kedepan. Ketika sedang mengerjakan tugas tersebut, Diaz tiba-tiba jatuh pingsan dan harus segera dibawa ke rumah sakit. Sikap Rizki…
a. Menunggu sampai Diaz sembuh sehingga dapat menyelesaikan tugas dari atasan bersama-sama.
b. Meminta maaf dan menyampaikan kepada atasan bahwa tugas tidak dapat diselesaikan tepat waktu karena Diaz sakit.
c. Mengantar Diaz ke rumah sakit, kemudian menemui atasan dan meminta petunjuk terkait pengganti Diaz agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.
d. Meminta bantuan dari rekan kerja lain agar dapat memenuhi deadline penyelesaian tugas.
e. Mengantarkan Diaz ke rumah sakit, selanjutnya mengerjakan tugas tersebut semaksimal mungkin sampai batas waktu yang diberikan atasan.

Jawabannya adalah : C.  Mengantar Diaz ke rumah sakit, kemudian menemui atasan dan meminta petunjuk terkait pengganti Diaz agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

2. Saya ditunjuk oleh warga di perumahan tempat saya tinggal untuk menjadi ketua pelaksana acara peringatan Hari Kemerdekaan. Dalam rapat awal kegiatan, seseorang mengusulkan untuk memasukkan unsur-unsur budaya tradisional dalam pelaksanaan acara. Menurut saya…
a. Hal tersebut merupakan ide yang sangat bagus, tetapi harus mendapatkan kesepakatan dari seluruh anggota tim.
b. Hal tersebut merupakan ide yang sangat bagus karena budaya tradisional merupakan bagian dari bangsa Indonesia.
c. Hal tersebut ide yang sangat bagus karena dapat digunakan sebagai sarana mengenalkan budaya kepada generasi muda.
d. Hal tersebut merupakan ide yang sangat bagus karena dapat digunakan sebagai sarana untuk merawat budaya tradisional yang kita miliki.
e. Hal tersebut merupakan ide yang sangat bagus karena dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa perumahan kami masih peduli dengan budaya tradisional.

Jawabannya adalah : D. Hal tersebut merupakan ide yang sangat bagus karena dapat digunakan sebagai sarana untuk merawat budaya tradisional yang kita miliki.

3. Diana bekerja sebagai seorang sekretaris pimpinan di sebuah perusahaan besar nasional. Hari ini ia berangkat sangat pagi karena jadwal pimpinan perusahaan sangat penuh dari pagi sampai sore sehingga ia harus menyesuaikan waktu keberangkatan. Saat Diana sampai di kantor datang seorang teman lama pimpinan dari luar kota yang ingin bertemu dengan pimpinannya namun belum memiliki janji sebelumnya. Diana akan…
a. Menolak dengan halus dan membuatkan jadwal pertemuan untuk keesokan harinya.
b. Menanyakan kepentingan yang ingin disampaikan sebelum memutuskan untuk memasukkan ke dalam jadwal.
c. Menyampaikan kepada pimpinan dan meminta petunjuk lebih lanjut apa yang harus dilakukan.
d. Segera mengantarnya ke dalam ruangan pimpinan dan memintanya untuk menunggu pimpinan menemuinya.
e. Menyampaikan bahwa jadwal pimpinan hari ini sudah penuh dan memintanya datang lagi esoknya.

Jawabannya adalah : C. Menyampaikan kepada pimpinan dan meminta petunjuk lebih lanjut apa yang harus dilakukan.

4. Seorang pelanggan datang ke tempat Indah untuk melakukan pelayanan sambil menggerutu karena harus menunggu lama untuk menemui Indah. Padahal Indah baru saja dipanggil atasan dan ditegur karena sebuah kesalahan yang tidak ia lakukan sehingga membuat perasaannya sangat gusar dan tidak nyaman. Indah akan…
a. Meminta maaf karena keterlambatannya dan segera melayani apa yang menjadi keperluannya.
b. Segera melayaninya dan tetap professional meskipun perasaan Indah sedang tidak tenang.
c. Meminta maaf dan menceritakan kejadian yang sesungguhnya agar tidak terjadi salah paham.
d. Berusaha melayaninya dengan baik dan menceritakan kondisi yang sebenarnya terjadi.
e. Segera memanggil teman Indah untuk membantunya mendapatkan pelayanan karena ia ingin menenangkan diri terlebih dahulu.

Jawabannya adalah : A. Meminta maaf karena keterlambatannya dan segera melayani apa yang menjadi keperluannya.

5.    Terjadi rencana aksi mogok mengajar yang dilakukan guru di sebuah sekolah swasta. Mereka meminta kenaikan gaji karena selama ini sekolah melalui yayasan hanya memprioritaskan pembangunan fisik saja. Aisyah merupakan seorang guru baru di sekolah tersebut. Sikap Aisyah adalah…
a.    Mengikut ajakan teman untuk menuntut gaji Guru dengan melakukan mogok mengajar.
b.    Memberi pengertian kepada teman-teman bahwa arah kebijakan yang ditetapkan sekolah sudah benar dan seharusnya dipatuhi.
c.    Berbicara empat mata kepada pimpinan Yayasan dan mengusulkan agar menaikkan gaji guru.
d.    Menolak ajakan teman karena takut resiko akan dikeluarkan dari sekolah itu.
e.    Mengusulkan agar menyampaikan aspirasi dengan bijak tanpa melakukan mogok mengajar.

Jawabannya adalah : E. Mengusulkan agar menyampaikan aspirasi dengan bijak tanpa melakukan mogok mengajar.

6.    Lingkungan kerja anda terdiri dari berbagai macam budaya, mulai dari budaya mayoritas hingga minoritas. Suatu ketika pemerintah Kabupaten X membuat lomba pawai budaya di tiap sekolah dengan Tema Bhineka Tunggal Ika. Sikap yang lakukan sebagai ketua panitia adalah…
a.    Mengumpulkan ide dari budaya-budaya yang dimiliki.
b.    Mengkolaborasikan budaya-budaya yang dimiliki warga sekolah.
c.    Menyajikan pawai budaya dengan mengunggulkan budaya mayoritas di sekolah.
d.    Menyajikan pawai budaya minoritas agar semua warga bisa mengenal budaya lain.
e.    Menyajikan seluruh budaya warga sekolah untuk ditampilkan dalam pawai budaya.

Jawabannya adalah : B. Mengkolaborasikan budaya-budaya yang dimiliki warga sekolah.

7.    Usaha konveksi yang saya jalani berkembang dengan pesat dan sering mendapatkan pesanan yang datang bersamaan. Seperti sekarang di saat kami sedang mengajar untuk menyelesaikan pesanan seragam kantor, datang sebuah pesanan baru dari pelanggan lama yang sudah memesan di tempat saya sejak saya merintis usaha. Pesanan baru ini berjumlah lebih besar dan meminta untuk didahulukan pengerjaannya. Padahal saat itu hampir seluruh sumber daya sedang difokuskan untuk menyelesaikan pesanan sebelumnya. Saya akan…
a. Dengan berat hati menolak pesanan tersebut karena tidak bisa menyelesaikan pesanan lebih awal.
b. Bekerja sama dengan pengusaha konveksi lain untuk bersama-sama mengerjakan pesanan baru tersebut.
c. Menerima pesanan tersebut dan sementara menunda penyelesaian pesanan sebelumnya karena pemesan adalah pelanggan utama yang ikut membesarkan usaha saya.
d. Meminta maaf belum dapat menerima pesanan dan menyarankan untuk mencoba memesan pada usaha konveksi milik teman saya.
e. Siap menerima pesanan namun belum dapat menjanjikan untuk mendahulukan pengerjaan karena harus sesuai urutan pemesanan.

Jawabannya adalah : B. Bekerja sama dengan pengusaha konveksi lain untuk bersama-sama mengerjakan pesanan baru tersebut.

8. Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mendapatkan sebuah mata kuliah Menggambar Rekayasa dan Desain 3D. Dosen memberikan Anda sebuah tugas yang mengharuskan Anda menggunakan sebuah software yang membutuhkan memori cukup besar. Memori Laptop Anda sudah penuh. Hal yang akan Anda lakukan…
a. Saya akan meminta orang tua saya untuk membelikan Laptop baru dengan kapasitas yang lebih besar agar bisa menunjang pengerjaan tugas saya.
b. Saya akan meminjam Laptop teman yang memiliki lebih untuk mengerjakan tugas tersebut.
c. Saya akan menabung uang untuk membeli Laptop yang memiliki kapasitas lebih besar untuk mengerjakan tugas saya.
d. Saya akan menghapus aplikasi dan file-file pada Laptop saya yang tidak perlu agar bisa menginstal aplikasi yang dibutuhkan.
e. Saya akan membeli hardware penyimpanan untuk meningkatkan kapasitas Laptop saya sehingga bisa menginstal software yang saya butuhkan untuk mengerjakan tugas.

Jawabannnya adalah : E. Saya akan membeli hardware penyimpanan untuk meningkatkan kapasitas Laptop saya sehingga bisa menginstal software yang saya butuhkan untuk mengerjakan tugas.

9.    Sepulang anda bekerja, anda telah berencana untuk beristirahat dengan menonton film Hollywood. Tiba-tiba teman anda mengajak anda untuk melihat pertunjukkan seni daerah. Apa yang akan anda lakukan…
a. Saya akan menonton pertunjukkan seni tersebut sebab saya bangga dengan kebudayaan daerah saya dan saya harap pertunjukkan tersebut menampilkan kebudayaan daerah saya.
b. Saya memilih untuk tidak melakukan kedua kegiatan tersebut karena tidak ingin menjadi orang yang egois.
c. Walaupun saya kurang menyukai seni, tetapi karena ini adalah seni daerah dan saya masih minim dengan wawasan tentang kebudayaan bangsa maka saya memilih untuk menonton pertunjukkan itu.
d. Saya memilih menonton film saja sebab saya tahu bahwa saya sudah lelah dan sangat perlu bersantai.
e. Saya tentu menerima ajakan teman saya tersebut sebab pertunjukkan itu adalah pertunjukkan seni dan seni adalah kesukaan saya.

Jawabannya adalah : C. Walaupun saya kurang menyukai seni, tetapi karena ini adalah seni daerah dan saya masih minim dengan wawasan tentang kebudayaan bangsa maka saya memilih untuk menonton pertunjukkan itu.

10.    Bambang selalu siap menerima perintah lembur meskipun seringkali tanpa ada uang lembur. Bambang dalam hal ini telah megimplementasikan tata nilai…
a.    Amanah
b.    Loyal
c.    Kompeten
d.    Adaptif 

Jawabannya adalah : B. Loyal


Post a Comment for "Contoh Soal Materi TKP CPNS 2023 Beserta Jawaban"