Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karya-Karya Nurcholish Madjid

Karya-Karya Nurcholish Madjid- Sebagai seorang cendekiawan muslim yang produktif, Nurcholish Madjid memiliki segudang karya tulis ilmiah, baik berupa buku maupun artikel.  

Beberapa karya tulis ilmiah tersebut, akan penulis jabarkan di dalam artikel berikut ini:

 


 

Biografi Nurcholish Madjid

Prof. Dr. Nurcholish Madjid atau yang dikenal dengan “Cak Nur” lahir di Mojoanyar, Jombang, Jawa Timur pada tanggal 17 Maret 1939 atau bertepatan dengan 26 Muharram 1358 Hijriyah.

Nurcholish Madjid adalah putra dari seorang petani Jombang. Ayahnya bernama K.H. Abdul Madjid, seorang kiai jebolan Pesantren Tebu Ireng, Jombang. Ibunya bernama Fatonah, putri Kiai Sadjad dari Kediri.

Nurcholish Madjid merupakan sosok pemikir Islam yang banyak menuai kontroversi, namun banyak tokoh yang memuji sosok dan pemikiran Nurcholish.

Karier intelektualnya sebagai pemikir Muslim dimulai pada masa di IAIN Jakarta, khususnya ketika menjadi Ketua Umum PB HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), selama dua kali periode, yang dianggapnya sebagai “kecelakaan sejarah” pada 1966-1968 dan 1969-1971.

Karya-Karya Nurcholish Madjid

1. Khasanah Intelektual Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1984)

Karya ini ditulis untuk memperkenalkan salah satu segi kejayaan Islam di bidang pemikiran, khususnya yang berkaitan dengan filsafat dan teologi. Nurcholish Madjid memperkenalkan tokoh-tokoh muslim klasik, seperti Al Kindi, Al-Asy‘ari, Al-Farabi, Al-Afghani, Ibn Sina, Al-Ghazali, Ibn Rusyd, Ibn Taymiyyah, Ibnu Khaldun dan Muhammad Abduh.

2. Islam, Doktrin dan Peradaban (Jakarta: Paramadina, 1992)

Buku ini berisi tentang gagasan-gagasan hakikat tauhid dan emansipasi harkat manusia, disiplin ilmu keislaman tradisional, membangun masyarakat etis serta universalisme Islam dan kemodernan.

3. Islam Agama Peradaban (Jakarta: Paramadina, 1995)

Dalam tulisannya Nurcholish menuangkan pemikirannya tentang makna dan implikasi penghayatan iman terhadap perilaku sosial.

4. Islam Agama Kemanusiaan (Jakarta: Paramadina, 1995) 

Buku ini berusaha menghadirkan Islam dengan wajah yang lebih humanis, adil, inklusif dan egaliter. Hanya saja Nurcholish Madjid menghadirkannya dengan gaya yang lebih universal serta mempertimbangkan aspek kultural paham-paham keagamaan yang berkembang.

5. Masyarakat Religius (Jakarta: Paramadina, 1997) 

Berisi tentang Islam dan konsep kemasyarakatan, komitmen pribadi dan sosial, konsep keluarga muslim, prinsip medis dan kesehatan keluarga muslim serta konsep mengenai eskatologis dan kekuatan supra alami.

6. Dialog Keterbukaan: Artikulasi Nilai Islam Dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer (Jakarta: Paramadina, 1998)

Buku ini merupakan hasil wawancara, dengan tema yang beragam dan spontan yang meliputi permasalahan politik, budaya dan pendidikan.

7. Cita-cita Politik Islam Era Reformasi (Jakarta: Paramadina, 1999)

Isi dari buku ini adalah gagasan pembaharuan yang pernah dilontarkan Nurcholish Madjid dalam berbagai transformasi nilai-nilai Alquran dalam mewujudkan masyarakat Madani.

8. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan (Bandung: Mizan, 2008)

Buku ini disusun sebagai respon terhadap berbagai persoalan dan isu-isu yang berkembang di sekitar kemodernan, keislaman dan keindonesiaan. Karya ini juga  mendapat sambutan antusias dari pembaca, hal ini ditandai dengan beberapa kali cetak ulang.

9. Islam Kerakyatan dan Keindonesiaan : Pikiran-Pikiran Nurcholis Muda (Bandung : Mizan, 1993) 

Buku ini lebih menekankan pada upaya menciptakan masyarakat yang berkeadilan, egaliter, demokrat dengan berlandaskan pada kemurnian tauhid.

10. Pintu-pintu Ijtihad (1994)

Buku ini merupakan kumpulan dari Nurcholis Madjid pada kolom Pelita Hati di harian Pelita (1981-1991) dan majalah Tempo. Dalam buku ini bahasa yang digunakan lebih lugas, ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami isi dan tujuannya.

11. Tradisi Islam Pesan dan Fungsinya Dalam Pembangunan di Indonesia (1997) 

Buku ini terdiri dari lima bab. Di dalam buku ini Nurcholish Madjid juga membahas asas negara Pancasila, organisasi-organisasi politik, Golkar, pemilu, demokrasi, demokratisasi, oposisi, keadilan, dan dinamika  perkembangan intelektual Islam di Indonesia. Hal yang juga cukup menarik dari buku ini adalah keberanian Nurcholish Madjid membahas oposisi di Indonesia, suatu tema yang sangat ditabukan pada masa orde baru. 

12. Kaki Langit Peradaban Islam (1997) 

Buku ini adalah hasil suntingan dari sebagian makalah tersebar yang pernah ditulis dan disampaikan Nurcholish Madjid di berbagai kesempatan seminar dan simposium dalam rentang waktu sekitar sepuluh tahun (1986-1996). 

13. Kontekstualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah (1997) 

Di dalam buku ini Nurcholish Madjid menyumbangkan 17 buah entry di bawah tema-tema al-Qur’an, disiplin, konsep dasar al-Qur’an, disiplin ilmu keislaman, tradisional, hingga dalam realitas sosial umat Islam, dimensi esoteris dengan berbagai implikasinya pada pengembangan etikasosial, serta dimensi sosial dari ajaran Islam.

14. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan (1997) 

Buku ini juga merupakan kumpulan makalah-makalah Nurcholis Madjid, memuat deskripsi dunia pesantren dengan segala dinamika perkembangannya, berhadapan dengan wacana modernisasi.


Post a Comment for "Karya-Karya Nurcholish Madjid"