Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

 


Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar pada dasarnya berasal dari dua suku kata yakni prestasi dan belajar. Menurut kamus populer, prestasi ialah hasil sesuatu yang telah dicapai. Sedangkan belajar yaitu aktivitas mental  yang menghasilkan perubahan-perubahan.

Slameto (2003: 10) mendefenisikan prestasi belajar sebagai suatu perubahan yang dicapai seseorang setelah mengikuti proses pembelajaran  Perubahan tersebut meliputi perubahan tingkah laku, keterampilan, dan juga pengetahuan.

Menurut Nana (2009: 102), hasil belajar merupakan realisasi dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki oleh seseorang. Hasil belajar dapat dilihat dari perilakunya, pengetahuan, dan juga keterampilannya. 

Sedangkan Sutratinah (2001: 43), menjelaskan bahwa prestasi belajar yaitu penilaian hasil usaha yang dinyatakan dalam bentuk symbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil penilaian kegiatan belajar dan merupakan bentuk perumusan akhir yang diberikan pendidik untuk mengetahui kemampuan siswanya. 

Fungsi Prestasi Belajar

Prestasi belajar memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah: 

1. Prestasi belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas peserta didik

Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa menunjukkan sejauh mana siswa mampu memahami dan menguasai bahan ajar atau materi yang telah disampaikan oleh guru. Dengan melihat prestasi belajar tersebut maka dapat segera dievaluasi hal-hal yang menyebabkan siswa kurang memahami atau menguasai materi pelajaran.

2. Prestasi belajar sebagai bahan informasi dan inovasi Pendidikan

Prestasi belajar dapat dijadikan sebagai pendorong bagi siswa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berperan sebagai bahan evaluasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

3. Prestasi Belajar Sebagai indikator intern dan ekstern

Artinya prestasi belajar dapat digunakan sebagai tolak ukur tingkat produktivitas suatu institusi pendidikan (Purwanto, 2003: 155).


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Prestasi belajar siswa yang kurang baik, tidak selalu karena siswa itu bodoh atau mempunyai IQ rendah. Namun, dipengaruhi oleh banyak faktor. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa menurut Syah (2006: 144) adalah sebagai berikut:

1. Faktor internal

Faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri siswa, seperti faktor jasmani, psikologis, dan juga faktor kelelahan. Faktor jasmani yaitu faktor kesehatan dan kecacataan tubuh. Sedangkan faktor psikologis yakni tingkat intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan kesiapan.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor dari luar diri individu. Faktor eksternal ini meliputi: 

  • Faktor keluarga, yakni cara orang tua mendidik, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua dan latar belakang kebudayaan. 

  • Faktor lingkungan sekolah, yaitu metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar belajar diatas ukuran, keadaan gedung, metode belajar dan tugas rumah. 

  • Faktor masyarakat, yaitu kegiatan siswa dalam masyarakat, dengan teman sebaya, dan juga kehidupan dalam masyarakat.

3. Faktor pendekatan belajar

Faktor pendekatan belajar yakni strategi atau metode yang digunakan siswa dalam melakukan kegiatan belajar.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa itu bisa berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, dan juga bisa dipengaruhi oleh faktor dari luar diri siswa. Untuk itu, guru harus mampu memahami masalah yang dihadapi oleh siswa agar prestasi yang mereka peroleh dapat lebih optimal.

Menurut Ngalim (2006: 102), faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yaitu: 
  1. Faktor sosial, yang meliputi faktor keluarga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang digunakan dalam proses pembelajaran, lingkungan dan kesempatan yang tersedia. 

  2. Faktor individual, diantaranya adalah kematangan, kecerdasan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi.

Demikian penjelasan mengenai prestasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

  1. Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Jigsaw 

  2. Penggunaan Media powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar siswa

 

 


Post a Comment for "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa"