Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Minat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa

Rikaariyani.com- Pengertian Minat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa- Assalamualaikum, selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam untuk semuanya. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin... Yaa Rabbal Aalamiin.

Baiklah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian minat dan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. 


pengertian minat



Pengertian Minat

Minat dapat diartikan sebagai dorongan atau keinginan seseorang terhadap sesuatu. Misalnya minat terhadap suatu pelajaran tertentu. Minat memiliki kaitan yang erat dengan kepribadian seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minat merupakan kecendrungan terhadap sesuatu.

Menurut pendapat Slameto (2003:180), minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan siswa lebih menyukai sesuatu daripada yang lain. Siswa yang memiliki minat terhadap sesuatu akan cenderung memberikan perhatian yang lebih terhadap suatu objek tersebut.

Menurut Djaali (2007: 121), minat adalah rasa ketertarikan pada suatu hal tanpa paksaan dari orang lain.

Menurut Mappiare (1982), minat merupakan seperangkat mental yang terdiri dari harapan, perasaan, dan juga kecendrungan seseorang terhadap suatu hal.

Menurut Gunarso (1985), minat dapat diartikan sebagai suatu pribadi yang berhubungan dengan sikap. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu objek akan memiliki dorongan untuk melakukan serangkaian aktifitas untuk mendapatkan objek tersebut.

Menurut Woodwort dan Marquis (2001), minat adalah motif yang menyebabkan individu berhubungan secara aktif dengan objek tersebut. Dengan demikian, minat dapat dikatakan sebagai dorongan mengerjakan, menyelidiki, dan memeriksa suatu aktivitas yang menarik baginya.

Crow & crow (1995), menyatakan bahwa minat adalah dasar untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Seseorang yang memiliki minat terhadap sesuatu akan menampilkan sikap yang positif terhadap suatu hal tersebut.

Menurut Chaplin (1995), minat merupakan sikap yang kekal dan megikutsertakan perhatian seseorang dalam memilih objek yang dirasa menarik.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa minat merupakan rasa suka, senang, dan juga tertarik pada suatu hal.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Minat pada dasarnya bukanlah dibawa dari lahir, namun diperoleh kemudian. Minat dapat ditumbuhkan dan juga dikembangkan. Minat juga dapat muncul melalui proses. Munculnya minat dapat ditandai dengan adanya rasa senang terhadap sesuatu.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya adalah:

1. Faktor internal

Faktor yang datang dari dalam diri siswa. Menurut Reber yang dikutip oleh muhibbin syah (2005:151), faktor internal adalah pemusatan perhatian, keingintahuan, motivasi, dan juga kebutuhan.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal adalah sesuatu yang datang dari luar diri siswa, seperti dorongan dari orang tua, dorongan dari guru, teman, sarana dan prasarana, dan juga kondisi lingkungan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian minat dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

  1. Bagaimana cara meningkatkan minat baca
  2. Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa 
  3. PTK penggunaan media pembelajaran



Post a Comment for "Pengertian Minat dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa"