Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Media Pembelajaran

Rikaariyani.com- Karakteristik media pembelajaran- Seorang guru perlu mengetahui karakteristik dari media yang akan digunakan. Media yang digunakan harus disesuaikan dengan pelajaran yang akan disajikan, dengan demikian pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.

Penggunaan media dalam pembelajaran bukan dilihat dari segi kemewahan atau kecanggihan melainkan yang diperhatikan adalah fungsi dan manfaat, kelebihan kekurangan serta peranannya dalam meningkatkan pengajaran. 

Dalam hal ini ditegaskan bahwa “setiap media yang mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi kemampuannya, cara pembuatannya, maupun cara penggunaannya”. 

Jadi dalam hal ini seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memilih dan menggunakan media yang tepat dalam pengajaran.

 

Karakteristik media pembelajaran


 

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran dapat diartikan sebagai perangkat, isi materi, atau pengalaman yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat berupa media cetak dan media non cetak. 

Menurut Santyasa (2007), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.

Media pembelajaran menurut (Surayya, 2012) yaitu alat yang dapat membantu proses pembelajaran dan berfungsi dalam memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. 

Jadi, dapat dipahami bahwa media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran yang memiliki fungsi untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran. 

Macam-macam Media Pembelajaran

1. Radio

Radio merupakan salah satu sarana belajar yang cukup efektif bila digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut Zakiah Daradjat, “penggunaan radio sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat yang cukup besar, diantaranya: menarik minat, memperlengkap pengalaman belajar, memperluas jangkauan pandang, mengembangkan apresiasi dan kreativitas seni, turut membentuk kepribadian.”

2. Gambar atau foto

Media pengajaran atau bimbingan yang umum dipakai di samping dapat digunakan dengan mudah juga tidak terikat dengan waktu. Gambar pada umumnya baik digunakan dalam memperjelas pengertian kepada peserta didik sehingga pengalaman dan pengertian peserta didik menjadi lebih luas dan jelas, terutama hal-hal yang belum pernah dilihatnya yang berhubungan dengan pelajaran/bimbingan.

3. Poster 

Gambar besar yang memberikan tekanan pada satu atau dua ide pokok. Informasi pesan dan kesan, saran dan sebagainya, sehingga dapat dimengerti, mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya. Umumnya poster ini dibuat di atas kertas, kain, seng atau alat sederhana lain yang menyajikan satu atau dua ide untuk mencapai satu tujuan pokok, berwarna, slogannya ringkas dan jitu, tulisannya jelas serta motif desainnya bervariasi.

4. Papan tulis

Media pengajaran yang umumnya digunakan di berbagai lembaga pendidikan, diletakkan di depan kelas sehingga mudah dilihat oleh semua siswa.di samping itu, dapat dibuat dengan mudah dan harganya yang tidak terlalu mahal dengan alat tulis berupa kapur sehingga bisa terjangkau oleh semua sekolah.

5. Media transfaran 

Media yang menggunakan proyeksi Overhead Proyektor (OHP). Program pelajaran ditulis di atas transparansi kemudian diletakkan di atas OHP dan akhirnya diproyeksikan ke layar dalam jarak cukup jauh.

Kelebihan media transparan adalah:

  • OHP tidak perlu menggunakan ruang yang cukup tertutup 
  • Guru dapat berhadapan dengan siswa tatkala menggunakan media ini 
  • Sambil menerangkan guru dapat sambil menulis pada kertas transparansi 
  • Dapat digunakan untuk kelompok kecil, sedang maupun kelompok besar. 
  • Dapat berhenti setiap saat mungkin karena kecepatan dalam penyajiannya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan 
  • Memungkinkan siswa untuk mencatat 
  • Dapat digunakan berulang-ulang
  • Guru tidak perlu menggunakan operator untuk menjalankan proyektor, karena guru sendiri dapat mengoperasikannya sendiri 
  • Dapat digunakan dan dibagikan kepada siswa dengan cara difotocopy 
  • Tidak perlu dengan penggelapan ruang 
  • Dapat disajikan dengan ilustrasi berbagai warna 
  • Dapat menstimulasi efek-efek dan warna pada saat diproyeksikan dengan menambah alat polaritas tertentu.

Kekurangan media transparan adalah:

  • Memerlukan perangkat keras (hard ware OHP dan plastik transparan) yang khusus untuk memproyeksikan pesan yang dikehendaki. 
  • Memerlukan persiapan yang matang dan terencana terutama bila menggunakan teknik-teknik penyajian yang kompleks 
  • Dalam penggunaannya diperlukan keterampilan yang khusus 
  • Membutuhkan anggaran biaya yang tidak sedikit 
  • Guru berperan ganda dalam menyiapkan materi yang akan disampaikan 
  • Menuntut cara kerja yang sistematis dan terarah 
  • Membutuhkan keterampilan untuk menulis pesan yang (rapi) pada transparan sehingga mudah dicerna oleh audien (peserta didik)

6. Film Slide  

Suatu gambar yang diproyeksikan melalui alat proyektor sehingga dapat dilihat dengan mudah. Hanya saja kalau film slide dipertunjukkan hanya satu gambar dengan teknik satu persatu namun demikian beberapa slide dapat disusun dalam susunan yang teratur sedang film stripe tersusun dalam seri gambar-gambar sequencenya dan keteraturannya telah ditentukan berurutan.

Menurut Oemar Hamalik nilai positif slide dan film stripe diantaranya:

  • Penyajian berupa satu unit atau satu kesatuan yang bulat 
  • Menimbulkan dan mempertinggi minat siswa 
  • Setiap anggota (siswa) dalam kelas melihat gambar yang sama dalam waktu yang sama 
  • Merangsang diskusi kelas 
  • Baik slide maupun film stripe dipertunjukkan dalam ruangan setengah gelap dan ini berbeda dengan gambar hidup 
  • Nilai-nilai yang ada pada gambar bisa juga dimiliki oleh film slide dan stripe bahkan keuntungannya ialah gambar itu diproyeksikan jadi lebih efisien 
  • Film stripe dapat digunakan di semua bidang pelajaran dan setiap tingkat manusia

Karakteristik Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang memiliki beberapa karakteristik di bawah ini:

1. Dapat Membangkitkan Minat Belajar Siswa

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat membangkitkan minat belajar siswa sehingga mereka lebih termotivasi dan dapat mengeksplorasi materi pembelajaran secara mandiri.

2. Lebih Interaktif

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran hendaknya dapat memungkinkan terjadinya proses interaksi atau komunikasi dua arah antara guru dan siswa.
 
3. Bersifat Fiksatif

Media pembelajaran hendaknya memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan, dan menampilkan kembali suatu obyek atau kejadian. 

4. Bersifat Manipulatif

Media pembelajaran hendaknya bersifat manipulatif, artinya media pembelajaran dapat menampilkan kembali obyek atau kejadian yang telah disimpan sebelumnya dengan memberikan beberapa modifikasi atau perubahan seperlunya sehingga dapat menunjang proses pembelajaran.

5. Dapat Mendukung Materi Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran harus mampu mendukung materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada siswa. 

6. Mudah Digunakan

Media pembelajaran hendaknya mudah digunakan sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.
 

7. Bersifat Distributif  

Media pembelajaran hendaknya bersifat distributif, sehingga dapat menjangkau khalayak yang jumlahnya besar.

8. Bersifat Aksesibilitas

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat diakses oleh guru dan juga siswa. 

9. Sesuai dengan tujuan pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan fungsi dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

10. Sesuai dengan karakteristik peserta didik

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan karakteristik peserta didik terutama dalam hal kemampuan berpikir, perkembangan peserta didik, serta pengalaman peserta didik.

11. Bersifat Eksplanatif

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat memperjelas penyajian materi pembelajaran yang disampaikan secara lisan oleh pengajar. 

12. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera

Media pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.

Demikian pembahasan mengenai karakteristik media pembelajaran, semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian motivasi belajar

Post a Comment for "Karakteristik Media Pembelajaran"