Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan

Rikaariyani.com- Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan- Manajemen pemasaran merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh sebuah Lembaga Pendidikan. Pemasaran jasa Pendidikan adalah bentuk tanggung jawab sekolah terhadap Pendidikan yang dilakukan.

Seperti yang diketahui, persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat. Setiap sekolah harus mampu bersaing dengan sekolah lain agar tetap eksis dan semakin diminati masyarakat. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan informasi kepada masyarakat melalui kegiatan pemasaran pendidikan, karena sebagus apapun sebuah sekolah, jika ia tidak mampu mempromosikan sekolahnya dengan maksimal, masyarakat tidak akan tertarik untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah tersebut.

Pentingnya kegiatan pemasaran membuat lembaga pendidikan harus mengetahui dengan baik bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk memasarkan jasa pendidikan sehingga masyarakat dapat mengenal dan mengetahui sekolah tersebut. 

Untuk itu di dalam artikel ini akan dibahas mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan secara detail. Silahkan disimak. 

 

Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan
Pixabay

 

Pengertian Pemasaran

Di dalam bahasa Inggris, pemasaran disebut dengan "marketing". Pemasaran yaitu proses untuk memuaskan pelanggan. Pemasaran terdiri dari berbagai kegiatan yang melibatkan konsumen, penetapan harga, analisis pasar, penjualan, serta pengembangan produk.

Menurut Kotler & Amstrong, pemasaran adalah proses manajerial di dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk memperoleh apa yang mereka inginkan melalui penciptaan produk, barang, maupun jasa.

Menurut Philip, pemasaran yakni suatu kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

Menurut Firdaus, pemasaran yaitu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan keuntungan.

Sedangkan menurut kamus besar bahasa indonesia, pemasaran adalah proses dalam memasarkan barang dagangan.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah proses manajerial yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memperoleh apa yang diinginkan dengan cara menawarkan produk maupun jasa kepada orang lain dan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Konsep dasar manajemen pemasaran

Pemasaran Jasa Pendidikan

Pendidikan merupakan produk jasa yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang bersifat non profit.

Pendidikan sebagai produk jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud, namun dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Pemasaran jasa pendidikan merupakan tanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan pendidikan, mengantisipasi masalah-masalah pendidikan, serta meningkat mutu dan layanan pendidikan.

Menurut Davies da Ellison (1997), pemasaran dalam bidang pendidikan merupakan aktivitas untuk mempromosikan tujuan, nilai dan produk sekolah kepada siswa, orang tua, staf, dan masyarakat luas.

Menurut Kotler (2004: 8), pemasaran jasa pendidikan merupakan suatu proses sosial dan manajerial, baik oleh individu maupun kelompok, untuk mendapatkan apa yang diinginkan oleh lembaga pendidikan.

 

Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan

Sebagaimana yang diketahui, pendidikan termasuk suatu organisasi yang bergerak dalam bidang jasa. Pemasaran jasa pendidikan tidak hanya membutuhkan pemasaran eksternal, namun juga pemasaran internal dan pemasaran interaktif.

1. Pemasaran Eksternal

Pemasaran eksternal dilakukan untuk mempersiapkan produk, menetapkan harga, dan melakukan promosi kepada pelanggan (wali murid).

2. Pemasaran Internal

Pemasaran internal yaitu memberikan gambaran tugas yang harus dilakukan oleh guru, karyawan dan lainnya untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Dalam hal ini, seorang manajer pendidikan juga perlu memberikan penghargaan atau reward kepada para karyawan agar dapat membangkitkan motivasi dan loyalitasnya terhadap organisasi sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi organisasi.

3. Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif yaitu interaksi antara pelanggan (wali murid) dengan para karyawan (guru dan staff) serta dengan pimpinan (kepala sekolah).


Demikian pembahasan mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: RPS manajemen pemasaran pendidikan



 

Post a Comment for "Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan"