Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Manfaat Sumber Belajar Menurut Para Ahli- Sumber belajar memiliki manfaat penting dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang dimanfaatkan dengan maksimal, dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Implementasi pemanfaatan sumber belajar di dalam proses pembelajaran sudah tercantum dalam kurikulum saat ini bahwa proses pembelajaran yang efektif adalah proses pembelajaran yang menggunakan berbagai ragam sumber belajar.

 


 

Pengertian Sumber Belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Menurut Abdul Majid (2008:170), sumber belajar tidak terbatas apakah dalam bentuk cetakan, video, perangkat lunak, atau kombinasi dari beberapa bentuk tersebut yang dapat digunakan oleh siswa dan guru. 

Menurut Agus Shodikin, sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan belajar dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal.

Menurut Nana  Sudjana   dan  Ahmad  Rivai (1989), sumber belajar adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Strategi pengembangan PSB

Manfaat Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan dari FIP UPI mengungkapkan manfaat sumber belajar adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan produktifitas pembelajaran; 
  2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual;
  3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran; 
  4. Lebih memantapkan pembelajaran; 
  5. Memungkinkan belajar secara seketika; 
  6. Memungkinkan pembelajaran yang lebih luas.

Menurut Kulthan (1993), sumber belajar bermanfaat untuk mendorong siswa dalam memperhatikan topik pembelajaran sehingga mereka dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya. 

Eveline Siregar & Hartini Nara (2010: 128-129) menjelaskan manfaat sumber belajar sebagai berikut:  

  1. Memberikan pengalaman belajar secara langsung dan lebih konkret kepada peserta didik. Misalnya dengan melakukan kunjungan ke objek-objek wisata, seperti kebun binatang, pelabuhan, candi dan lain sebagainya. 
  2. Menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara langsung. Misalnya, denah, sketsa,foto-foto, film, dan sebagainya. 
  3. Menambah dan memperluas cakrawala yang ada di dalam kelas. Misalnya; buku-buku teks, film, narasumber, majalah dan lain-lain. 
  4. Memberikan informasi yang akurat dan terbaru. Misalnya buku-buku bacaan, ensiklopedia, majalah. 
  5. Membantu memecahkan masalah pendidikan dalam lingkup mikro maupun makro.  
  6. Memberikan motivasi positif; dan 
  7. Merangsang untuk berfikir kritis, merangsang untuk bersikap lebih positif serta berkembang lebih jauh.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa manfaat yang diungkapkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar tidak hanya menyalurkan pesan saja, melainkan juga dapat meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran pada akhirnya akan meningkatkan kualitas siswa.

Baca juga: Kriteria Pemilihan sumber belajar

 

Post a Comment for "Manfaat Sumber Belajar Menurut Para Ahli"