Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi-Fungsi Manajemen Yang Perlu Dipahami

Rikaariyani.com- Fungsi-Fungsi Manajemen Yang Perlu Dipahami- Manajemen berasal dari Bahasa Inggris yaitu to manage yang artinya mengatur. Manajemen dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Manajemen memiliki beberapa fungsi yang harus dipahami oleh seorang manajer, yakni fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keempat fungsi ini dikenal juga dengan POAC. Mengenai fungsi-fungsi manajemen secara detail, akan penulis bahas pada artikel berikut ini:

Fungsi-Fungsi Manajemen Yang Perlu Dipahami


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen menurut para ahli ada sebagai berikut:

1. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian, manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.

2. Andrew J. Dubrin 

Menurut Andrew J. Dubrin, manajemen adalah proses menggunakan sumber-sumber organisasi untuk mencapai tujuan organisasi berdasarkan fungsi perencanaan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.

3. George R. Terry

Menurut George R. Terry, manajemen mencakup kegiatan untuk mencapai tujuan, dilakukan oleh individu-individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Gareth R. Jones

Menurut Gareth R. Jones, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia dan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.

Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen adalah upaya mengatur segala sesuatu untuk mencapai suatu tujuan.

Baca juga: Manajemen sarana dan prasarana pendidikan
 

Fungsi-Fungsi Manajemen

Dalam proses kegiatan manajemen terdapat fungsi-fungsi pokok yang harus dilakukan oleh seorang manajer, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

1. Perencanaan

Perencanaan adalah langkah awal sebelum melakukan fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Menurut Charles W.L Hill dan Steven L. McShane, perencanaan adalah proses formal di mana manajer memilih tujuan, mengidentifikasi tindakan untuk mencapai tujuan mereka, mengalokasikan tanggung jawab untuk melaksanakan tindakan spesifik kepada individu atau unit, mengukur keberhasilan tindakan melalui membandingkan hasil aktual terhadap tujuan, dan rencana revisi yang sesuai. Perencanaan mengambil tempat multi level dalam sebuah organisasi dan merupakan bagian tertanam dari pekerjaan manajer.

Perencanaan berfungsi untuk menentukan tujuan atau kerangka tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Gareth, perencanaan adalah proses yang digunakan oleh manajer untuk mengidentifikasi dan memilih tujuan yang tepat. Tiga langkah dalam proses perencanaan adalah (1) memutuskan apa tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi, (2) memutuskan apa program untuk mencapai tujuan tersebut, dan (3) memutuskan bagaimana mengalokasikan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan dapat juga didefenisikan dengan persiapan menyusun atau suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau perencanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Dilihat dari fungsinya perencanaan adalah suatu pemikiran yang mantap. Kajian khusus terhadap suatu pekerjaan yang akan dilakukan. Agar bentuk dan tahapan pelaksanaannya dapat berjalan menurut garis yang telah ditentukan dengan jelas baik sasaran maupun tujuannya.


2. Pengorganisasian

Pengorganisasian yaitu: 1) penentuan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi; 2) proses perancangan dan pengembangan suatu organisasi yang akan dapat membawa hal-hal tersebut kea rah tujuan; 3) penugasan tanggung jawab tertentu; 4) pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu-individu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Definisi lain yakni mekanisme yang mempersatukan kegiatan-kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan.

Menurut Terry menjelaskan bahwa pengorganisasian merupakan kegiatan dasar manajemen. Dengan pengorganisasian, orang-orang dapat disatukan dalam satu kelompok atau lebih untuk melakukan berbagai tugas. Prinsip pengorganisasian adalah kebermaknaan, keluwesan dan kedinamisan. Dan pengorganisasian perlu dilakukan dalam urutan kegiatan dan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

3. Pelaksanaan

Pelaksanaan mencakup kegiatan yang dilakukan seorang manager untuk mengawali dan melanjutkan kegiatan yang ditetapkan oleh unsur perencanaan dan pengorganisasian agar tujuan-tujuan dapat tercapai. Pelaksanaan juga mencakup penetapan dan pemuasan kebutuhan manusiawi dari pegawai-pegawainya, memberi penghargaan, memimpin, mengembangkan dan memberi komponsasi kepada mereka.

4. Pengawasan

Kegiatan terakhir dari fungsi manajemen adalah pengawasan (controling). Fungsi ini sangat penting dan sangat menentukan pelaksanaan proses manajemen, karena itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Pengawasan yaitu memeriksa atau mengamati kembali apakah rencana telah sesuai dengan tujuan yang dibuat. Jika belum, perlu tindakan untuk memperbaiki penyimpangan.

Menurut Mathis dan Jackson, pengawasan merupakan proses pemantauan kinerja karyawan berdasarkan standar untuk mengukur kinerja, memastikan kualitas atau penilaian kinerja dan pengambilan informasi yang dapat dijadikan umpan balik pencapaian hasil yang dikomunikasikan ke para karyawan.

Tujuan pengawasan adalah:

  1. Supaya proses pelaksanaan dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari rencana. 
  2. Melakukan tindakan perbaikan jika terdapat penyimpangan-penyimpangan. 
  3. Supaya tujuan yang dihasilkan sesuai dengan rencananya.

Pengawasan memiliki beberapa indikator yaitu:

  1. Membuat standar-standar sebagai dasar pengawasan 
  2. Membandingkan pelaksanaan dengan perencanaan yang dibuat. 
  3. Melakukan perbaikan jika tidak sesuai dengan perencanaan.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi-fungsi manajemen, semoga bermanfaat.

Baca juga: Fungsi pengorganisasian dalam manajemen

Post a Comment for "Fungsi-Fungsi Manajemen Yang Perlu Dipahami"