Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skripsi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Menulisnya

Rikaariyani.com- Skripsi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Menulisnya- Assalamualaikum, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Yaa Rabb. Oh iya, pembahasan kita pada hari ini adalah mengenai skripsi.

Skripsi adalah salah satu karya tulis ilmiah yang harus disusun oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana.

Di dalam artikel kali ini, penulis akan membahas secara detail mengenai pengertian skripsi, tujuan skripsi, dan cara menulis skripsi.

Skripsi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Menulisnya

Skripsi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Menulisnya


Pengertian Skripsi

Skripsi yaitu karya tulis ilmiah yang harus disusun oleh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar akademik atau gelar sarjana.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, skripsi yaitu karya ilmiah wajib yang ditulis oleh mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya.

Menurut Purwadharminta, skripsi adalah karya ilmiah yang diwajibkan kepada mahasiswa sebagai syarat Pendidikan akademis.

Menurut Widharyato, skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh para mahasiswa untuk menyelesaikan program studinya.

Menurut Hariwijaya dan Djaelani, skripsi adalah tulisan ilmiah yang ditulis untuk menyelesaikan studinya.

Dapat disimpulkan bahwa, skripsi adalah salah satu karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program S1 untuk menyelesaikan studinya. Skripsi merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dalam mencapai gelar akademiknya. Skripsi yang dibuat harus berdasarkan penelitian-penelitian ilmiah, baik penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, maupun penelitian pengembangan.

Baca juga: Teknik menulis abstrak beserta contoh


Tujuan Skripsi

Penulisan skripsi memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:

  1. Menemukan jawaban dari pertanyaan tentang suatu masalah
  2. Menemukan solusi dari masalah yang ada
  3. Menguji teori dan merumuskan teori baru
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan 
  5. Membantu mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah.

Cara Menulis Skripsi

1. Tentukan tema yang akan kamu angkat menjadi skripsi

Dalam menentukan tema penelitian, kamu perlu mengetahui minat dan ketertarikanmu. Misal, mahasiswa yang menyukai bidang teknologi, ia bisa mengangkat tema penelitian yag berhubungan dengan teknologi.

Kenapa harus sesuai minat? Supaya kamu bisa lebih mudah dalam mengerjakannya.

Selain itu, kamu juga perlu berdiskusi dengan dosen pembimbing terkait dengan tema yang kamu pilih.

2. Menemukan masalah penelitian

Masalah yaitu kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Menemukan masalah penelitian dapat dilakukan dengan cara pengamatan di lapangan, melalui diskusi-diskusi, dan bisa juga melalui penelitian terdahulu.

3. Melakukan kajian Pustaka

Kajian Pustaka yaitu teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Teori-teori tesebut dapat diambil dari buku, jurnal, hasil penelitian, dan lain sebagainya.

Untuk membuat kajian Pustaka, ada beberapa Langkah yang perlu dilakukan, yakni: 1) memilih sumber pustaka, 2) melakukan penelusuran sumber Pustaka, 3) mencatat hal-hal penting, 4) menyajikan.

4. Menentukan tujuan penelitian

Tujuan penelitian digunakan untuk menentukan arah penelitian yang akan dilakukan dan data-data apa yang diperlukan.

5. Menentukan metode penelitian

Secara umum ada dua metode penelitian yang bisa kamu gunakan, yakni metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Tanyakan diri kamu masing-masing, metode penelitian mana yang kamu kuasai. Jika kamu suka hitung-hitungan atau senang bermain dengan rumus atau pun angka-angka, kamu bisa memilih metode penelitian kuantitatif. Sebaliknya, jika kamu lebih cenderung ke kualitatif dan bisa menulis dan mendeskripsikan sesuatu dengan baik, gunakan metode kualitatif.

6. Membuat judul penelitian

judul penelitian kualitatif harus memuat minimal 2 tema penelitian. Misal: Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa di IAI SMQ Bangko. Sedangkan contoh untuk judul penelitian kuantitatif yakni: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN 2 Kabupaten Bungo.

Demikian pembahasan mengenai pengertian skripsi, tujuan skripsi, dan cara menulis skripsi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Motto dan Persembahan Skripsi


Post a Comment for "Skripsi Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Menulisnya"