Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar

Rikaariyani.com- Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar- Membuat PPT sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya membutuhkan sedikit kreativitas. Namun, tidak sedikit pula yang masih bingung bagaimana cara membuat PPT yang baik dan benar. Untuk itu, di dalam artikel ini akan penulis bahas cara membuat PPT yang baik dan benar.

Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar


Apa itu PPT?

Power point atau yang dikenal dengan PPT adalah alat bantu presentasi dalam menjelaskan suatu materi dan dikemas dalam slide. Dengan adanya PPT, pembaca dapat memahami dengan mudah apa yang disampaikan dalam presentasi.

Dalam proses pembelajaran, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi, penggunaan PPT sudah tidak asing lagi. Banyak guru dan dosen yang menggunakan PPT dalam menjelaskan materi pembelajaran. Media PPT juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif.

Baca juga: Tips membuat slide presentasi yang menarik

Apa Manfaat PPT?

PPT memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Memudahkan presentator dalam menyampaikan materi kepada audiens. 
  2. Materi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh audiens. 
  3. Penggunaan PPT dapat menjadikan proses presentasi lebih tersusun dengan rapi. 
  4. Presentasi menjadi lebih menarik karena dilengkapi dengan gambar, video, dan lainnya. 
  5. Presentator dapat mengatur berbagai slide dengan mudah. 
  6. Penggunaan PPT dapat membuat penyampaian materi menjadi lebih menarik. 
  7. Materi yang ada dalam slide PPT dapat dibagikan dengan mudah.

Baca juga: contoh slide presentasi

Bagaimana Cara Membuat PPT Yang Baik dan Benar?

1. Pilihlah tema atau template yang menarik

Template sangat mempengaruhi sebuah PPT. Pemilihan template harus sesuai, baik dari segi warna, font, maupun efek lainnya. Power point memiliki beberapa template bawaan yang bisa kamu gunakan. Namun, jika kamu ingin referensi lainnya, kamu bisa gunakan template premium.

2. Pemilihan font harus tepat

Pemilihan font yang tepat dapat membuat PPT menjadi lebih menarik. Pilihlah jenis font yang mudah dibaca. Untuk judul, gunakan ukuran minimal 48. Sedangkan untuk isi, sesuaikan dengan kebutuhan dan beri jarak spasi 1,5 agar tampak lebih rapi.

3. Manfaatkan diagram dan grafik

Sebuah PPT sebaiknya menggunakan diagram dan grafik, agar audiens dapat memahami materi dengan mudah.

Ada beberapa jenis grafik yang dapat digunakan, pemilihan yang tepat akan memberikan pengaruh yang besar bagi audiens dalam memahami isi dari presentasi kamu.

4. Gunakan gambar yang tepat

Pilih gambar yang sesuai dengan kebutuhan presentasi. Usahakan gambar yang dimasukkan ke dalam PPT saling berhubungan dan satu kesatuan. Selain itu, gambar yang digunakan harus relevan dengan materi yang disampaikan.

5. Slide PPT harus berkesinambungan

Membuat PPT usahakan setiap slide yang dibuat memiliki kesinambungan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, alur slide harus jelas dan teratur. Diawali dengan pembukaan, penjelasan, dan penutup.

6. Beri animasi secukupnya

Penggunaan animasi pada PPT memiliki fungsi untuk menarik perhatian dan memperindah tampilan presentasi. Dengan menambahkan animasi diharapkan tercapai komunikasi yang baik antara presentator dan audiens.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat PPT dengan baik dan benar. Penulis berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Silahkan bagikan tulisan ini jika bermanfaat, terimakasih.

Baca juga: Kesalahan dalam membuat slide presentasi

 


Post a Comment for "Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar"