Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Melakukan Wawancara Penelitian

Rikaariyani.com- Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara Penelitian- Wawancara merupakan suatu hal yang tak terpisahkan dari seorang peneliti, terutama peneliti jenis kualitatif. Wawancara adalah salah satu metode penelitian yang berguna untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. 

Melakukan wawancara tidak boleh sembarangan, butuh persiapan dan langkah-langkah tertentu, karena jika tidak peneliti tidak akan mendapatkan apa yang diharapkan. Untuk itu, pada artikel ini, penulis akan bahas beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh seorang peneliti sebelum melakukan wawancara. 

Persiapan Melakukan Wawancara Penelitian

Persiapan Melakukan Wawancara Penelitian


Apa Itu Wawancara?

Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Orang yang mewawancarai disebut pewawancara sedangkan yang diwawancarai dikenal dengan narasumber atau informan. 

Pengertian lainnya adalah komunikasi yang dilakukan secara terstruktur, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut Lexy J. Moleong, wawancara adalah percakapan untuk tujuan tertentu. Pewawancara mengajukan pertanyaan, dan yang diwawancarai menjawab pertanyaan. 

Sedangkan menurut Sugiyono, wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan secara terstruktur maupun tidak.

Baca juga: Kiat Menulis Latar Belakang Masalah Penelitian

Apa Tujuan Wawancara?

Secara umum, wawancara bertujuan untuk untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat dari narasumber. Sedangkan secara khusus, wawancara bertujuan untuk:

  1. Memperoleh Informasi  
  2. Melengkap informasi
  3. Mengkonfirmasi hasil pengumpulan data.

Apa Saja Persiapan Melakukan Wawancara?

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pewawancara sebelum melakukan wawancara adalah sebagai berikut:

1. Buatlah Daftar Pertanyaan Terlebih Dahulu

Daftar pertanyaan perlu kamu siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara. Susun setiap pertanyaan dengan sistematis dan terstruktur. Dengan adanya daftar pertanyaan, wawancara yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Jika tanpa persiapan, bisa jadi apa yang seharusnya kamu tanyakan malah tidak ditanyakan pada saat wawancara berlangsung. Sehingga informasi yang kamu peroleh tidak lengkap. Untuk melengkapinya tentu kamu perlu menghubungi kembali informan dan melakukan wawancara lanjutan.

2. Persiapkan Segala Keperluan Wawancara

Sebelum melakukan wawancara kamu juga perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti kamera, alat perekam/tape recorder, buku catatan, dan lainnya.  

3. Menentukan Jadwal Wawancara

Sebelum melakukan wawancara, kamu perlu memastikan jadwal dengan orang yang kamu wawancarai. Biarkan informan yang menentukan waktu dan tempatnya. Jika tidak membuat jadwal terlebih dahulu, dikhawatirkan informan tidak punya waktu atau sedang tidak berada di tempat pada saat kamu datang sehingga waktu terbuang sia-sia. Apalagi jika kamu harus menempuh jarak yang jauh ke lokasi.  

Saya sendiri pernah punya pengalaman buruk karena tidak membuat janji terlebih dahulu dengan orang-orang yang akan saya wawancarai.

"Mohon maaf, bu... bapak kepala sekolah baru saja berangkat ke Jambi." Ucap salah seorang staff pada saat saya konfirmasi ingin bertemu dengan kepala sekolah. Saya tentu saja kecewa, ingat jauh-jauh datang dari luar kota hanya untuk bertemu dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah. Tapi harus bagaimana, ini memang kesalahan saya tidak membuat janji terlebih dahulu.


4. Gunakan Pakaian Yang Sopan Dan Rapi

Penampilan perlu diperhatikan sebelum melakukan wawancara. Gunakan pakaian yang sopan dan rapi, tidak harus pakaian yang mahal dan tren. Bagi yang perempuan, gunakan pakaian yang longgar, jangan terlalu ketat. Bagi yang laki-laki, hindari menggunakan celana jins dan kaos oblong. Karena setuju ataupun tidak, pakaian yang kita gunakan sangat berpengaruh pada penilaian orang lain. Pakaian dan penampilan merupakan hal pertama yang dinilai oleh orang yang baru kita temui. Jadi, jangan anggap remeh soal pakaian ya.


5. Jangan Lupa Membawa Surat Izin Penelitian

Melakukan wawancara dengan informan, terlebih jika informan adalah seorang pejabat penting, kamu perlu menyiapkan surat izin penelitian dan tunjukkan pada saat diperlukan.

Demikian penjelasan mengenai persiapan sebelum melakukan wawancara penelitian, semoga bermanfaat bagi kamu yang saat ini mungkin sedang sibuk penelitian.

Baca juga: Teknik Menulis Abstrak

Terimakasih,

FB: Facebook.com/Ukhti.Ika




 

Post a Comment for "Persiapan Melakukan Wawancara Penelitian"