Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB)

Rikaariyani.com- Pengertian Dan Fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB)- Pusat sumber belajar disingkat dengan PSB. Di sekolah menengah Atas (SMA), pusat sumber belajar memegang peranan yang sangat penting. Pusat sumber belajar dapat memfasilitasi proses pendidikan di sekolah. 

Pusat sumber belajar (PSB) menjadi sentra kegiatan pembelajaran. Pusat sumber belajar juga menjadi sumber informasi bagi peserta didik, pendidik, maupun staff. Oleh karena itu, pusat sumber belajar di sekolah perlu dikelola dengan baik. Melalui manajemen pusat sumber belajar, diharapkan proses pembelajaran di sekolah semakin lancar sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Di dalam artikel ini, penulis merasa perlu membahas pengertian pusat sumber belajar, tujuan, dan fungsi Pusat Sumber Belajar. 

Pengertian Dan Fungsi Pusat Sumber Belajar

Manajemen Pusat Sumber di Sekolah Menengah Atas

pixabay

 

PENGERTIAN PUSAT SUMBER BELAJAR

Pusat Sumber Belajar (PSB) yaitu sebuah bangunan atau ruang yang menyediakan berbagai sumber belajar, seperti orang, bahan, alat-alat, lingkungan, pesan, dan teknik.  

Pusat sumber belajar juga dikenal dengan media center, yaitu lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan dan pelatihan kepada peserta didik maupun guru, baik secara individu maupun kelompok. Dengan adanya pusat sumber belajar, siswa dan guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.

Menurut Warsito (2008:215), pusat sumber belajar merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk mengembangkan, mengelola, dan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. 

Sedangkan Zainuddin mengungkapkan bahwa Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah tempat yang menyediakan berbagai sumber belajar dan mengembangkan bahan ajar yang berbasis teknologi atau multimedia.

Baca juga: Strategi Pengembangan Pusat Sumber Belajar

TUJUAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)

Pusat Sumber Belajar (PSB) memiliki tujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber yang ada secara maksimal.

FUNGSI PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB)

Adapun fungsi pusat sumber belajar yaitu:

  1. Sebagai media informasi bagi peserta didik, pendidik, satuan pendidikan, dan juga masyarakat terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan. 
  2. Sebagai media untuk belajar dan memanfaatkan bahan ajar berbasis TIK. 
  3. Sebagai media untuk melakukan berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. 
  4. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 
  5. Bagi guru, pusat sumber belajar dapat memperluas pengetahuan mengenai proses-proses pembelajaran, seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilian hasil belajar. 
  6. Sebagai media diskusi bagi guru-guru, terutama bagi guru-guru yang mengampu mata pelajaran yang sama. 
  7. Bagi siswa, pusat sumber belajar dapat dijadikan sebagai tempat untuk mencari sumber belajar, bahan ajar berbasis teknologi yang sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian dan fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB), semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Pengertian Sumber Belajar Menurut Ahli

Post a Comment for "Pengertian Dan Fungsi Pusat Sumber Belajar (PSB)"