Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Pendidikan di Rumania

Sistem Pendidikan di Rumania- Rumania, sebagai salah satu negara di Eropa Timur, memiliki sejarah pendidikan yang kaya dan sistem yang mengalami berbagai transformasi seiring berjalannya waktu. Dalam artikel ini, kita akan membahas sistem pendidikan di Rumania, yang meliputi struktur pendidikan, kurikulum, dan tantangan yang dihadapi.



Struktur Pendidikan

Struktur pendidikan di Rumania terdiri dari beberapa tingkat, diantaranya adalah pendidikan prasekolah, dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. 

1. Pendidikan Prasekolah

Pendidikan prasekolah di Rumania tidak wajib dan umumnya dimulai pada usia tiga hingga enam tahun. Meskipun tidak wajib, banyak anak-anak mengikuti program pra-sekolah yang tersedia.

2. Pendidikan Dasar

Anak-anak Rumania Wajib mengikuti pendidikan dasar selama 4 tahun. Siswa biasanya memulai pendidikan dasar pada usia 6 tahun dan menyelesaikannya pada usia 10 tahun. Selama pendidikan dasar di Rumania, siswa mempelajari mata pelajaran dasar seperti bahasa Rumania, matematika, ilmu pengetahuan alam, sejarah, geografi, seni, serta pendidikan fisik. Selain itu, mereka dapat mempelajari bahasa asing, seperti bahasa Inggris atau Prancis..

3. Pendidikan Menengah

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, siswa melanjutkan ke tingkat pendidikan menengah yang berlangsung selama empat tahun. Terdapat dua jalur, yakni jalur ilmiah dan jalur tehnis-vokasional, yang memberikan siswa pilihan untuk melanjutkan studi akademis atau mengikuti pelatihan keterampilan teknis.

4. Pendidikan Tinggi

Sistem pendidikan tinggi di Rumania mencakup universitas dan perguruan tinggi. Rumania memiliki sejumlah universitas terkenal dengan program-program studi yang bervariasi, mulai dari ilmu pengetahuan hingga humaniora.

Kurikulum 

Bahasa Pengantar

Bahasa Rumania adalah bahasa pengantar utama di sistem pendidikan, tetapi ada upaya untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris guna mengakomodasi globalisasi dan mempersiapkan siswa untuk tantangan dunia kerja global.

Reformasi Kurikulum

Sejak awal abad ke-21, Rumania telah melakukan sejumlah reformasi kurikulum untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan. Ini termasuk peningkatan dalam pengajaran STEM (ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika) serta fokus pada pengembangan keterampilan kritis dan kreativitas.

Infrastruktur dan Aksesibilitas

Meskipun terdapat peningkatan infrastruktur pendidikan, terutama di wilayah perkotaan, beberapa daerah pedesaan masih menghadapi tantangan aksesibilitas dan fasilitas pendidikan yang memadai.


Post a Comment for " Sistem Pendidikan di Rumania"