Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal PPPK 2023 Beserta Jawaban


Contoh Soal PPPK 2023 Beserta Jawaban  

 

1. Di bawah ini merupakan contoh sikap integritas yang ditunjukkan Moh. Hatta sebagai tokoh pergerakan nasional indonesia, yang berjuang.....

a. Dengan kegigihan melalui bidang kesehatan dan pendidikan.
b. Pantang menyerah untuk memajukan emansipasi kaum wanita.
c. Bertanggung jawab terhadap kemajuan koperasi di indonesia.
d. Mencurahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk kemajuan pendidikan.
e. Berkomitmen dalam memajukan bidang pertahanan dan keamanan.

Jawabannya ialah : C. bertanggung jawab terhadap kemajuan koperasi di indonesia.

2. Cermati kalimat berikut!
Sejak empat tahun belakangan ini muncul fenomena inflasi tinggi menjelang Bulan Ramadhan dengan angka mencapai antara 1-2 persen dan harga-harga kebutuhan pokok naik hampir dua kali lipat.
Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah :

a. Empat.
b. Fenomena.
c. Inflasi.
d. Bulan.
e. Persen. 

Jawabannya adalah : D Bulan

3. Pada tanggal 10 November seluruh rakyat Surabaya menolak menyerah diri dan memutuskan perang melawan Sekutu yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peristiwa tersebut memberikan inspirasi agar kita…

a. Dapat mewarisi semangat kepahlawanan dalam mempertahankan NKRI.
b. Terus semangat membangun dan mengisi kemerdekaaan.
c. Mengambil hikmah dari peristiwa 10 November 1945.
d. Meneladani semangat Bung Tomo sebagai pahlawan nasional.
e. Mampu menangkap pesan heroik pada peristiwa 10 November 1945.

Jawabannya adalah : A. dapat mewarisi semangat kepahlawanan dalam mempertahankan NKRI.

4. Perhelatan kampanye akbar yang dilakukan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden baik petahana maupun penantang harus dilaksanakan dengan menjunjung nilai Pancasila dengan cara…

a. Menjaga ketertiban dan keamanan atas nama persatuan.
b. Menghormati perasaan lawan politik saat berorasi.
c. Melindungi tujuan bersama Indonesia jaya.
d. Menghindari konflik kepentingan dengan lawan.
e. Menghargai semua kritik dari lawan politik.

Jawabannya adalah : A. menjaga ketertiban dan keamanan atas nama persatuan.

5.    Indah dan ketiga rekan kerjanya mendapat tugas mendadak dari atasan dan harus diselesaikan dalam waktu dua hari. Pada saat itu deadline, ia sebenarnya sudah dapat mengumpulkan pekerjaannya karena ia sudah selesai, namun melihat kedua rekannya belum selesai, Indah ragu untuk menyerahkan pekerjaannya kepada atasannya. Jika Anda sebagai Indah, sikap Anda?

a. Segera menyerahkan pekerjaannya tanpa bergabung pada rekan kerjanya.
b. Segera menyerahkan pekerjaannya sekaligus melaporkan bahwa rekan kerjanya belum selesai bekerja.
c. Lebih baik menunggu rekan kerjanya untuk menghindari anggapan tidak setia kawan.
d. Menunggu rekan kerjanya selesai, baru menyerahkan pekerjaannya agar terlihat kompak.
e. Menunggu rekan kerjanya, karena jika mereka tidak selesai sebaiknya Indah juga tidak menyelesaikan.

Jawabannya adalah : A. segera menyerahkan pekerjaannya tanpa bergabung pada rekan kerjanya.

6. Beberapa hari belakangan Udi sering lembur hingga larut malam untuk menyusun bahan ajar perkuliahan. Ketika Udi harus menyampaikan materi perkuliahan tersebut, ternyata file yang ia kerjakan disimpan di flashdisk dan tertinggal di rumah. Padahal materi itu sangat penting daam perkuliahan. Bila Anda adalah Udi, maka Tindakan Anda?

a. Saya menyesali hal tersebut dan marah pada diri saya sendiri atas kelalaian saya yang menghambat pekerjaan.
b. Saya sangat menyadari kelalaian saya dan secepatnya mencari solusi cara lain untuk menyampaikan materi perkuliahan tersebut.
c. Saya menyadari akan kelalaian saya tersebut dan menunda penyampaian materi perkuliahan tersebut.
d. Saya meminta maaf kepada mahasiswa atas kelalaian saya sehingga kegiatan perkuliahan tidak maksimal.
e. Saya sangat menyesali hal tersebut dan kedepan akan lebih fokus sehingga kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Jawabannya adalah : B. Saya sangat menyadari kelalaian saya dan secepatnya mencari solusi cara lain untuk menyampaikan materi perkuliahan tersebut.

7. Setelah melewati hari-hari yang melelahkan karena deadline, akhirnya Dian memutuskan untuk berlibur di akhir pekan bersama keluarga. Saat sedang menikmati liburan, salah seorang teman kerja Dian menanyakan solusi laptopnya yang sedang bermasalah. Tindakan Dian adalah…

a. Menyampaikan kepadanya bahwa saya sedang liburan akhir pekan bersama keluarga, dan akan segera membantunya ketika masuk kantor.
b. Memintanya mencari informasi terkait masalah laptopnya di internet untuk mengatasinya.
c. Meminta maaf dan menyampaikan kepadanya bahwa sedang libur akhir pekan bersama keluarga dan tidak ingin diganggu.
d. Berusaha mencoba menjelaskan solusi masalah laptop sesuai dengan pengetahuan Dian.
e.  Memintanya menanyakan kepada rekan kerja lain untuk membantu menjelaskan solusi masalah laptopnya.

Jawabannya adalah : D. Berusaha mencoba menjelaskan solusi masalah laptop sesuai dengan pengetahuan Dian.

8. Reky ditunjuk oleh atasannya sebagai coordinator pada suatu tim. Ada banyak tugas yang harus segera diselesaikan oleh tim dan harus segera dikirimkan ke kantor pusat. Anggota tim Reky agak sulit disatukan karena ada beberapa yang memiliki masalah pribadi sehingga mengganggu pekerjaan. Tanggapan Anda terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh Reky adalah…

a. Setiap anggota tim seharusnya dapat bekerja secara professional dan tidak membawa masalah pribadi dalam pekerjaan.
b. Sebaiknya Reky memilih anggota yang tidak bermasalah, sehingga dapat diajak kerja sama dalam menyelesaikan tugas tersebut dan pekerjaan bisa tuntas tanpa  gangguan.
c. Sebaiknya Reky mengeluarkan orang-orang yang memiliki permasalahan pribadi karena akan menghambat jalannya penyelesaian tugas.
d. Sebaiknya Reky menyusun pembagian kerja yang efektif untuk setiap anggota dan memberikan pendekatan kepada orang-orang yang bermasalah agar dapat bekerja secara professional dalam tim.
e. Sebagai koordinator, seharusnya Reky mampu menyelesaikan bagian tugas anggotanya yang memiliki masalah sehingga tugas dapat selesai tepat waktu.

Jawabannya adalah : D. Sebaiknya Reky menyusun pembagian kerja yang efektif untuk setiap anggota dan memberikan pendekatan kepada orang-orang yang bermasalah agar dapat bekerja secara professional dalam tim.


9.    Anda sedang memulai sebuah usaha kerajinan yang ingin dipasarkan secara online. Namun Anda merasa minder karena banyak barang sejenis dipasarkan dengan desain dan promosi yang sangat menarik. Hal yang akan Anda lakukan…

a. Saya akan mencoba terlebih dahulu dan tetap semangat mencoba mengembangkan bisnis kerajinan saya yang akan dijual secara online.
b. Saya akan mengurungkan niat saya untuk memiliki bisnis kerajinan karena di pasar online sudah banyak produk lain yang sangat menarik dan ditawarkan dengan harga murah.
c. Saya meyakini bahwa rezeki setiap orang sudah ditentukan oleh Tuhan sehingga saya jalani saja karena nanti pasti ada yang akan membelinya.
d. Saya akan mengikuti cara desain barang kerajinan lain yang sudah ada agar dapat diminati seperti halnya barang yang telah ditawarkan.
e. Saya akan belajar cara desain kerajinan agar terlihat lebih menarik dan mencari sumber referensi strategi pemasaran online.

Jawabannya adalah : E. Saya akan belajar cara desain kerajinan agar terlihat lebih menarik dan mencari sumber referensi strategi pemasaran online.


10. Aldi adalah pegawai di kantor catatan sipil sebuah daerah. Pada saat waktu pelayanan sudah selesai, ada seorang datang untuk mengurus sebuah dokumen yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Pada sore itu, Aldi sudah ada janji dengan istri untuk menemaninya ke dokter spesialis kandungan. Hal yang Aldi lakukan….
 

a. Segera melayani orang tersebut dan menginformasikan kepada istri bahwa ia akan telat mengantarkannya ke dokter spesialis kandungan.
b. Meminta orang tersebut pulang karena waktu pelayanan sudah selesai dan menyarankan datang kembali keesokan paginya.
c. Akan meminta bantuan dari rekan kerja yang lain untuk melayani orang tersebut karena kebetulan Aldi sudah ada janji dengan istri.
d. Akan melayani orang tersebut dan memintanya mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan agar cepat selesai dan Aldi dapat mengantar istri ke dokter spesialis.
e. Akan menginformasikan persyaratan dan memintanya datang kembali besok karena waktu loket pelayanan sudah tutup.
 

Jawabannya adalah : E.  Akan menginformasikan persyaratan dan memintanya datang kembali besok karena waktu loket pelayanan sudah tutup.






Post a Comment for "Contoh Soal PPPK 2023 Beserta Jawaban "