Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar

Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar


Pengertian Artikel

Artikel adalah sebuah tulisan yang berisi opini atau pendapat seseorang mengenai suatu masalah yang sedang dibahas. Tujuannya adalah untuk memberi tahu dan mempengaruhi pembacanya.

Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia (1991:14),  artikel adalah karangan yang dimuat di media massa. Sedangkan Al-‘Aqli mengemukakan bahwa artikel adalah suatu tulisan yang ditulis dengan masing-masing disiplin ilmu. Setiap pembahasan didalamnya dikaji serta diselesaikan secara tuntas, lugas dan jelas. Sehingga pada akhirnya setiap pembaca dapat mengambil intisari dari penjelasan tersebut.

The American Heritage Desk Dictionary (1981), mengartikan artikel sebagai sebuah tulisan non fiksi dengan bentuk bebas. Sementara itu menurut Andi Baso Mappatoto (1994), artikel adalah karya tulis non fiksi dan karangan tertulis yang panjangnya tak menentu.

Menurut Webster’s New Word Dictionary (1990:26), artikel adalah tulisan nonfiksi, ditulis secara singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar dan majalah.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel adalah sebuah tulisan non fiksi mengenai suatu bahasan dan dipublikasikan pada majalah, surat kabar, website, dan lain sebagainya. Penulisan artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan maksud untuk meyakinkan dan mendidik.

Baca juga: Jenis-jenis karya ilmiah

Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar

1. Menentukan Ide, Topik, dan Tema

Langkah pertama dalam penulisan artikel ialah menentukan ide dan tema semenarik mungkin, tujuannya agar pembaca memiliki keinginan yang tinggi untuk membaca artikel yang ditulis.

2. Menyusun kerangka artikel

Menyusun kerangka artikel memiliki fungsi yang berarti dalam menulis sebuah artikel dimana fungsi tersebut agar penulis tidak kehilangan arah, sehingga saat penulis berhenti di tengah jalan mereka dapat kembali mengingat hal-hal yang ingin mereka sampaikan di dalam artikel.

3. Mencari referensi

Referensi dalam proses penulisan artikel haruslah tepat atau sesuai dengan tema artikel yang ingin ditulis karena rujukan yang kredibel akan membantu meraih kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kamu tulis.

4. Menulis paragraf pembuka

Sebuah artikel harus diawali dengan paragraf pembuka yang menarik sehingga dapat memancing pembaca untuk terus membaca artikel sampai selesai.

5. Menulis artikel secara singkat dan padat

Artikel harus ditulis dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan terlalu banyak mengulang kata agar artikel menjadi lebih panjang. Akibatnya adalah pembaca akan merasa bosan karena kalimat yang ditulis susah dimengerti. Tulislah informasi dengan kata-kata yang jelas agar pembaca mendapatkan pemahaman yang maksimal terkait isu atau ide tulisan yang kamu tulis.

6. Lengkapi dengan gambar

Lengkapi tulisan dengan gambar atau ilustrasi lainnya agar pembaca lebih tertarik.

7. Mencantumkan tabel atau grafik

Tabel atau grafik dapat membantu pembaca memahami sebuah artikel dengan baik, karena terkadang ada beberapa hal yang akan lebih mudah dipahami jika diproyeksikan dalam bentuk tabel atau grafik.

8. Membaca ulang

Membaca ulang artikel bertujuan untuk mengevaluasi tulisan, mengoreksi jika ada kalimat yang janggal, dan membetulkan penulisan yang salah.

Demikian pembahasan mengenai cara menulis artikel yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

*Artikel ini ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi).

Baca juga: Meraih 100 juta pertama dari tulisan  



 

Post a Comment for "Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar"