Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Kurikulum Menurut Ahli

Rikaariyani.com- Pengertian Manajemen Kurikulum Menurut Ahli- Manajemen kurikulum memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Melalui manajemen kurikulum yang efektif, diharapkan tujuan pendidikan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Apa itu manajemen kurikulum? Berikut penjelasannya.




Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan suatu proses kerjasama antara dua orang atau lebih dengan bantuan berbagai sumber, seperti material, biaya, informasi, dan lain sebagainya. Defenisi manajemen lainnya adalah proses pemnfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerja sama dengannya agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efisien dan produktif. (Rahmat Hidayat, 2016: 11).

Follet mengartikan “manajemen sebagai seni, karena untuk menapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, seorang manajer harus bisa mengatur dan menggerakkan orang untuk melakukan tugas-tugasnya” (Bukhari, 2005: 1). Manajemen adalah sebuah proses sosial yang berkenaan dengan keseluruhan usaha manusia dengan bantuan manusia lain serta sumber-sumber lainnya, menggunakan metode yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya (Hamalik, 2010:16).

Manajemen juga sering diartikan sebagai ilmu, kiat dan profesi. Dikatakan sebagai ilmu karena manajeman dipandang sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama. Dikatakan sebagai kiat karena manajeman mencapai sasaran melalui cara-cara dengan mengatur orang lain dalam menjalan tugas. Sedangkan dipandang sebagai profesi karena manajemen dilandasi oleh keahlian khusus untuk mencapai suatu prestasi manajer, dan para profesional dituntut oleh suatu kode etik (Nanang Fattah, 1996: 1).

Pengertian Kurikulum

Kurikulum berarti seperangkat rencana mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan (Rusman, 2009: 3). 

Menurut UU. No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.

Kurikulum juga dapat diartikan sebagai sejumlah mata Pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa. Menurut Oemar Hamalik (2010: 16), kurikulum meliputi semua kegiatan yang menjadi tanggung jawab sekolah, termasuk kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi bagian dari kurikulum. Kurikulum memiliki posisi yang strategis, karena seluruh kegiatan Pendidikan bermuara pada kurikulum.

Pengertian Manajemen Kurikulum

Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Menurut Dinn Wahyudin (2014:27), manajemen kurikulum adalah suatu proses yang dilakukan secara bersama-sama untuk memperlancar pencapaian tujuan pembelajaran dengan titik berat pada usaha itu sendiri untuk meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.

Manajemen kurikulum menurut Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI (2011: 191) adalah sebagai suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. 

Sedangkan Syafarudin (2006: 24) menyatakan bahwa manajemen kurikulum adalah suatu proses mengarahkan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sebagai tolak ukur pencapaian tujuan pembelajaran. 

Dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum adalah proses perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum di suatu lembaga pendidikan. Manajemen kurikulum melibatkan pengaturan dan koordinasi berbagai elemen untuk menyusun dan mengelola rencana pembelajaran yang efektif. Tujuan utama dari manajemen kurikulum adalah memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dengan cara yang terstruktur dan terorganisir.

Demikian penjelasan mengenai manajemen kurikulum, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Kurikulum Menurut Ahli"