Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari

Rikaariyani.com- Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari- Setelah sekian lama menggeluti dunia tulis menulis, saya akui, mood menulis itu suka hilang timbul. Saat sedang mood saya menulis seperti orang kesurupan, bisa berlembar-lembar. Namun saat badmood, menulis satu halaman saja susah minta ampun.

Mahasiswa di kelas yang saya ampu pernah melontarkan tanya. “Bu, bagaimana caranya agar semangat menulis selalu terjaga? Ini pertanyaan bagus dan saya suka mahasiswa bertanya seperti ini.  

Ya, menjaga semangat menulis itu penting, menulis apa saja, menulis makalah, jurnal atau pun artikel-artikel butuh semangat dan mood tinggi. Jika mood tidak baik, yakin saja kamu gak akan bisa konsen menulis. Akhirnya apa yang ingin kita tulis, tidak sesuai dengan keinginan. Saya yakin, anda pun pernah mengalami ini. Tapi tenang, saya punya beberapa tips agar mood menulis tetap terjaga dengan baik. Yuk, langsung saja simak penjelasannya.

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari

 

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari
TIPS AMPUH MEMELIHARA MOOD MENULIS

 

1. Memaksakan Diri

Kita harus memaksakan diri untuk menulis. Buka laptop lalu menulislah. Tulis apa saja yang bisa kamu tulis dan nikmati setiap goresannya. Lama kelamaan, yakin saja mood menulis itu akan datang menghampiri.

2. Baca Tulisan Orang Lain

Untuk saya, tips ini sangat ampuh. Saat membaca tulisan orang lain, terlebih tulisan yang kita senangi, semangat menulis akan muncul tiba-tiba. Tak mesti membaca buku, anda bisa baca artikel-artikel orang lain yang ada di blog, facebook, dan lainnya. Intinya membaca. Dengan banyak membaca, ide tulisanmu juga lebih bervariasi.


3. Jangan Suka Menunda-nunda

Jangan pernah menunda-nunda, nanti atau esok. Lakukan sekarang juga! Kalau anda serius untuk menulis, disiplinkan diri untuk menulis. Jangan pula terlalu ambisius, yang terpenting adalah rutin melakukannya.

4. Cari Waktu Yang Tepat

Masing-masing orang punya gaya dan waktu yang berbeda dalam menulis. Dulu, sebelum punya baby saya bisa menulis kapan saja saya ingin menulis, namun sekarang saya terbiasa menulis di pagi hari, sebelum baby terbangun tentunya. Untuk kamu, sila cari waktu yang tepat dan ideal untuk menulis karena ini berpengaruh pada intensitasmu dalam menulis.


5. Cari Suasana Baru

Menulis bisa dilakukan di mana saja. Jika kamu bosan menulis di rumah, kamu bisa lakukan aktivitas menulis di luar ruangan, atau di kafe-kafe sambil menyesap kopi. Saya bahkan pernah seharian di kafe hanya untuk menyelesaikan tulisan. Yup, Suasana yang nyaman akan sangat mempengaruhi hasil tulisan kita.

6. Siapkan Segelas Kopi

Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari


Bagi saya, segelas kopi adalah bagian dari rutinitas menulis. Saya ingat, pertama kali kenal minuman berkafein ini saat sibuk meyelesaikan Tesis di bangku S2. Sejak itu hingga hari ini, segelas kopi wajib hukumnya saat menulis. Tak hanya menghilangkan kantuk, kopi juga mampu membangkitkan inspirasi.  

Demikian penjelasan mengenai tips ampuh menjaga mood menulis setiap hari, semoga bermanfaat. 

Baca juga: Bagaimana membangun budaya menulis dosen?

 



Post a Comment for "Tips Ampuh Menjaga Mood Menulis Setiap Hari"